Pimpin Apel Operasi Patuh Semeru 2022, Kapolres Mojokerto Kota Ingatkan 3S untuk Anggota

Pimpin Apel Operasi Patuh Semeru 2022, Kapolres Mojokerto Kota Ingatkan 3S untuk Anggota Kapolres Mojokerto Kota, AKBP Rofiq Ripto Himawan, saat menyematkan pita kepada petugas Operasi Patuh Semeru 2022.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Kapolres Kota, AKBP Rofiq Ripto Himawan, memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru 2022. Agenda tersebut berlangsung di lapangan Mahapatih Gajah Mada, Senin (13/6/2022).

Ia menuturkan, operasi kali ini tetap mengedepankan kegiatan pre-emtif, preventif, humanis, dan persuasif, dalam rangka meningkatkan kepatuhan serta kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Selain dalam menegakkan aturan kelengkapan penggunaan kendaraan dan sopan santun dalam berlalu lintas, protokol kesehatan juga menjadi salah juga menjadi substansi penting dan tetap harus kita sampaikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sebagai fasilitas pendukung Operasi Patuh Semeru 2022, mobil INCAR sudah tersedia di Polres Kota. Sedangkan alat bantuan lainnya berupa CCTV sudah terpasang di ratusan titik untuk memantau lalu lintas.

“Alhamdulillah Kota juga sudah punya kendaraan dengan fasilitas teknologi yang akan menangkap visual di lapangan apabila masyarakat melakukan pelanggaran atau penyimpangan akan terekam dan nantinya akan dikirimkan kerumah,” kata Rofiq.

“Terkait fasilitas pendukung Ops Patuh Semeru 2022 di Kota ini, ada lebih dari 500 titik CCTV yang aktif terpasang. Untuk jumlah di Kabupaten kami masih belum bisa memastikan tepatnya berapa, yang pasti jauh lebih banyak dari kota,” paparnya menambahkan. 

Ia meminta kepada para petugas di lapangan untuk menerapkan 3S (sebelum, saat, dan sesudah), yaitu deteksi dini, pencegahan dini, serta deteksi aksi terhadap seluruh potensi kerawanan kamseltibcarlantas dengan mengedukasi masyarakat secara intens melalui tindakan pre-emtif dan preventif.

“Apabila harus melakukan tindakan represif laksanakan secara profesional dan terukur sesuai S.O.P serta hindari sikap arogan dan segala penyimpangan yang dapat menurunkan citra polri di mata masyarakat,” tuturnya.

“Rekan-rekan juga perlu mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan, serta tingkatkan kewaspadaan dalam menjalankan tugas, guna mengantisipasi adanya aksi teror dari pihak yang tidak bertanggung jawab,” imbuhnya. 

Apel kali ini juga dihadiri Wali Kota , Ika Puspitasari; Wakil Bupati , Muhammad Al Barra; Dandim 0815/, Letkol Beni; Dandenpom V/2, Letkol Dahnial; Ketua DPRD Kota , Sunarto; Ketua PN Sarudi; Kajari, Adiman; Kadishub, Endri; Kasatpol PP Kota, Fudi; Kasatpol PP Kabupaten, Noerhono; wakapolres, dan juga pejabat utama Polres Kota.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':