Pra-Penentuan Ketua Demokrat Gresik, Supriyanto Didukung 9 PAC

Pra-Penentuan Ketua Demokrat Gresik, Supriyanto Didukung 9 PAC Dua calon Ketua Demokrat Gresik, Eddy Santoso (kiri) dan Supriyanto. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Musyawarah Cabang (Muscab) IV Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat yang digelar di Hotel Shangrila, Surabaya, Senin (20/6/2022), menghasilkan 2 nama calon kuat Ketua Demokrat periode 2022-2027 yang dinyatakan lolos verifikasi.

Mereka adalah Ketua DPC Demokrat periode 2017-2022, Eddy Santoso, dan sekretarisnya, Supriyanto. Dari hasil muscab tersebut, berdasarkan verifikasi keabsahan dukungan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Eddy mendapatkan dukungan dari 7 Ketua PAC dari 18 PAC se Kabupaten , yakni Ketua PAC Demokrat Kedamean, Wringinanom, Balongpanggang, Benjeng, , Sangkapura dan Bungah.

Sementara Supriyanto 9 PAC, yaitu Ketua PAC Menganti, Driyorejo, Cerme, Duduksampeyan, Kebomas, Panceng, Dukun, Ujung Pangkah dan Tambak. Adapun 2 PAC lain yakni Sidayu, Manyar, tak ada hak suara karena ketua dijabat pelaksana tugas (Plt). 

Mereka juga akan memperebutkan dukungan 2 suara. 1 dari DPD dan 1 dari DPP. Tahapan berikutnya untuk menentukan calon Ketua Demokrat terpilih periode 2022-2027 adalah menunggu hasil fit and proper test pada 27 Juni.

Dalam hasil fit and proper test itu, ada tim 5 yang akan melakukan uji kelayakan dan kepatuyan. Mereka terdiri dari 3 orang perwakilan DPP, dan 2 perwakilan DPD Partai Demokrat Jawa Timur. Dari 2 calon kuat Ketua Demokrat itu, siapa yang akan dapat tiket dari DPP, dialah yang akan memimpin Demokrat .

Eddy Santoso, calon petahana mengaku optimis bisa melalui fit and proper test dan mempertahankan jabatanya sebagai Ketua DPC Partai Demokrat periode 2022-2027.

"Kurang dari seminggu lagi, pelaksanaan fit and propert test akan dilakukan secara daring," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (22/6/2022).

Ia menyebutkan dalam kontestasi muscab kali ini ada 2 nama calon Ketua DPC Demokrat yang memenuhi syarat pendaftaran dan berhak mengikuti fit and proper test. Sebelumnya ada nama Ahmad Fauzi mengklaim dari poros tengah dan penyelamat partai. Namun, saat verifikasi ternyata tidak masuk.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':