Pemerintah Gali Potensi Alam di Sumenep

Pemerintah Gali Potensi Alam di Sumenep Bupati Sumenep, Achmad Fauzi.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Bupati , Achmad Fauzi, menyatakan bahwa wilayahnya kini menjadi daya pikat khusus bagi pemerintah pusat. Ia mengungkapkan, banyak utusan pemerintah yang sengaja datang ke untuk menggali potensi alam.

Bupati memaparkan, merupakan kabupaten kepulauan yang wilayahnya secara geografis terdiri atas 126 pulau (48 pulau berpenghuni dan 78 pulau tidak berpenghuni). Ia mengajak masyarakat di wilayahnya untuk berdoa agar Kabupaten berjaya.

“Potensi wilayah Kabupaten luar biasa, alam menyediakan hampir segalanya, dari tambang alam hingga potensi lautnya. Mari kita berdoa, semoga bisa kita explore untuk kejayaan masyarakat setempat,“ ujarnya saat berbincang dengan BANGSAONLINE.com, Senin (25/7/2022).

Fauzi menuturkan, pihaknya menerima kunjungan kerja Staf Khusus Wakil Presiden RI Bidang Ekonomi dan Keuangan, Lukmanul Hakim, beserta rombongan. Mereka mulai memetakan potensi Kabupaten dengan sangat serius dan tidak main-main.

“Tentu saja, kami membuka lebar dan seluas-luasnya tim dari pemerintah pusat, dan kami telah menyajikan dokumen potensi yang hingga kini belum digali secara terus-menerus,” tuturnya.

Ia menambahkan, Kabupaten secara administratif memiliki 27 kecamatan yang terdiri dari 18 kecamatan di daratan serta 9 kecamatan di wilayah kepulauan, dengan 330 desa dan 4 kelurahan.

“Penduduk Kabupaten berdasarkan data kependudukan tahun 2021 mencapai 1.134.750 jiwa, terdiri dari laki-laki sebanyak 547.336 jiwa dan perempuan sebanyak 587.414 jiwa,” paparnya.

Sementara itu, Staf Khusus Wakil Presiden RI Bidang Ekonomi dan Keuangan, Lukmanul Hakim, menyebut pihaknya berkunjung ke Kabupaten untuk mengetahui potensi lokal yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Kabupaten kaya dengan potensi daerah, kami akan terus bekerjasama untuk terwujudnya usaha-usaha baru yang akan menuingkatklan kesejahtraan rakyat ,” ucap Lukmanul. (aln/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Pengangkut BBM Terbakar di Pelabuhan Gayam Sapudi Sumenep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO