Dua Tahun Vakum, Bupati Kediri Berangkatkan Kirab Ritual 1 Suro

Dua Tahun Vakum, Bupati Kediri Berangkatkan Kirab Ritual 1 Suro Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana (tengah) dan peserta kirab. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Setelah dua tahun akibat pandemi Covid-19, kirab upacara ritual 1 Suro di Pamuksan kembali digelar. Kirab ini diberangkatkan oleh Bupati Kediri , Sabtu (30/7/2022).

Kirab upacara 1 Suro itu tak lain untuk mengenang kebesaran . Sebab, kejayaan tak lepas dari kemasyhuran Prabu yang memerintah 1135-1157 Masehi. dikenal seantero nusantara karena kitab Jangka Jayabaya.

"Saya selaku kepala daerah sangat mensuport kegiatan-kegiatan yang sifatnya untuk instropeksi diri, untuk melihat apa yang sudah kita lakukan dan akan kita lakukan," kata Dhito, sapaan akrab , Sabtu (30/7/2022).

Upacara kali ini menarik minat masyarakat untuk datang. Sepanjang jalur kirab, tampak masyarakat berjajar untuk melihat lebih dekat prosesi upacara.

Prosesi kirab dimulai dari Pamuksan , menuju Sendang Tirto Kamandanu yang berjarak sekitar 200 meter. Sendang ini disebut patirtan, atau mata air yang dianggap suci dan digunakan pada masa pemerintahan Prabu .

Simak berita selengkapnya ...