Peringati 1 Muharram, Gubernur Khofifah Ajak Puluhan Ribu Warga Gerbang Kertosusila Gowes Bareng

Peringati 1 Muharram, Gubernur Khofifah Ajak Puluhan Ribu Warga Gerbang Kertosusila Gowes Bareng Puluhan ribu warga Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan (Gerbang Kertosusila) mengikuti acara “Gowes Bareng Gubernur Jatim”, Minggu (31/7/2022) pagi sebagai peringatan Tahun Baru 1 Muharram 1444 Hijriah.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Puluhan ribu warga Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan (Gerbang Kertosusila) mengikuti acara “Gowes Bareng Gubernur Jatim”, Minggu (31/7/2022) pagi sebagai peringatan Tahun Baru 1 Muharram 1444 Hijriah.

Gowes itu dibuka secara langsung oleh Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa dengan rute dari depan Gedung Negara Grahadi hingga finish kembali di Gedung Negara Grahadi.

Setelah membuka, Gubernur , jajaran Forkopimda, serta Pemprov Jatim langsung mengayuh sepedanya menuju rute yang sudah ditentukan.

mengungkapkan, gowes dengan mengajak seluruh masyarakat Jatim itu tidak hanya sekadar memeringati 1 Muharram, tetapi juga meningkatkan tali persaudaraan. "Artinya bahwa gravitasi membangun persaudaraan, kebersamaan dalam momentum yang bisa kita maksimalkan, itu baik," ujarnya.

Meskipun momentumnya adalah peringatan hari besar keagamaan umat Islam, namun ditegaskan , melalui gowes, bisa diikuti oleh siapapun, tanpa memandang agama dan juga asal.

"Tetapi bahwa ini adalah lintas-lintas. Jadi lintas budaya, lintas agama, lintas elemen. Artinya bahwa bangunan sebagai sebuah bangsa kita harus jaga bersama-sama," imbuhnya.

Nuansa jelang peringatan Hari Kemerdekaan RI juga ditampakkan pada momen Gowes 1 Muharram 1444 H ini. Di mana untuk memulai jalannya gowes, bendera Merah Putih dikibarkan.

Simak berita selengkapnya ...