Pantai Lon Malang Sampang Jadi Lokasi Peresmian Produk Wisata Baru Zona KIP

Pantai Lon Malang Sampang Jadi Lokasi Peresmian Produk Wisata Baru Zona KIP Pelaksana Program Klinik BUMDesa Jatim, Dwi Ariady Kusuma. Foto: Ist

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Kepala Bakorwil Pamekasan, Moh Gunawan Saleh, meresmikan produk wisata baru Zona KIP (Kreatif, Inovatif dan Produktif) yang dibangun Klinik BUMDesa Jatim, dan mendapat dukungan dari PT HM Sampoerna. 

Ia berterima kasih kepada pihak terkait yang telah memberikan pendampingan ke BUMDesa di . Agenda berlangsung di Pantai Lon Malang, Desa Bira Tengah, Kecamatan Sokobana, Sampang, Minggu (31/7/2022).

“Saya meyakini BUM Desa akan berkontribusi bagi kemajuan ekonomi . Pengembangan dan penguatan yang ditunjang aksebilitas yang baik diharapkan mampu menjadi modal BUMDesa terus bertumbuh,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Selasa (2/8/2022).

Ia meyakini, dapat berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional. Gunawan menyebut, Jatim memiliki target untuk menjadi bagian dari tiga provinsi pilar kebangkitan ekonomi nasional.

“Alhamdulilah perekonomian pada tahun 2022 di triwulan 1 tetap menjadi lokomotif perekonomian nasional. menyumbangkan PDB 14,1 persen dan berkontribusi 25 persen PDRB Pulau Jawa,” paparnya.

Dalam rangka mewujudkan Jatim Sejahtera melalui Program Desa Berdaya diharapkan mampu memberikan energi positif bagi akselerasi kemajuan desa. Ia menuturkan, Desa Mandiri di Jatim tertinggi nasional (1.409 daerah) berdasarkan keputusan Kementerian Desa PDTT nomer 80 tahun 2022.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Jatim, Soekaryo, mengatakan bahwa Wisata Pantai Lon Malang harus menjadi role model bagi desa lain. Khususnya, dalam mengembangkan desa menjadi destinasi wisata dengan memaksimalkan potensi yang ada, seiring tumbuh pesatnya sektor pariwisata di Provinsi .

“BUMDesa yang maju harus sejalan dengan kepala desa dan masyarakat. Pantai Lon Malang harus dikelola dengan baik untuk mendongkrak perekonomian Bira Tengah,” ucap Soekaryo.

Ia menambahkan, pihaknya telah memberi pendampingan terhadap lembaga hukum BUMDesa yang ada di . Sejauh ini akan menyasar 1.205 BUMDesa yang sudah berbadan hukum.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Murah Meriah, Wisata Lembah Djati Tawarkan Kebun Bunga dan Spot Foto Instagramable':