Launching Implementasi Digital ID, Wali Kota Pasuruan Apresiasi Dispendukcapil

Launching Implementasi Digital ID, Wali Kota Pasuruan Apresiasi Dispendukcapil Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf, saat melaunching Implementasi Digital ID.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wali Kota , Saifullah Yusuf (), resmi melaunching Implementasi Digital ID. Digital ID adalah inovasi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota berupa KTP digital yang bisa disimpan di handphone. KTP tersebut mempunyai QR Code yang nantinya bisa dibuka di handphone melalui aplikasi khusus.

Dalam sambutannya, ia mengapresiasi dispendukcapil yang telah menciptakan banyak inovasi. Hasilnya, banyak prestasi yang diraih, baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional dalam kategori pelayanan.

“Setiap ada prestasi kita berikan apresiasi, di mana apresiasi itu ada dari lembaga yang berwenang dan juga apresiasi dari masyarakat yang merasakan manfaat dari layanan kita,” ujarnya di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota , Senin (1/8/2022).

Ia mendorong perangkat daerah menciptakan program yang manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Karena hal tersebut merupakan yang terpenting dalam setiap program kegiatan pemerintah. Identitas, kata , sangatlah berarti, apalagi ID digital.

“Dispendukcapil juga akan membuat drive thru layanan di mal pelayanan publik (MPP), Pemkot mendapatkan bantuan ADM (anjungan dukcapil mandiri) yang sudah dioperasikan di mal pelayanan publik,” tuturnya.

"Layanan dispendukcapil saat ini sudah berpindah ke MPP, meskipun baru berjalan 60 persen masih uji coba dan direspon baik oleh masyarakat. Beragam pelayanan publik kini dapat dinikmati langsung oleh masyarakat dengan tempat yang lebih luas dan nyaman,” imbuhnya.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan untuk masyarakat yang nantinya dipusatkan di MPP, ia meminta kepada organisasi perangkat daerah di lingkup Pemkot untuk memperhatikan pembangunan infrastruktur dan memperbanyak acara yang berkualitas. 

Adapun layanan dari Dispendukcapil Kota yang dapat dirasakan masyarakat yakni, layanan Oke, layanan Bangkit, Jalan Berdua, Titik Nol, dan Pendekar.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Suami Bu Kades di Pasuruan Diamankan Polisi Karena Curi Motor, Terekam CCTV':