Kades di Lamongan Diminta Optimalkan Potensi Desa

Kades di Lamongan Diminta Optimalkan Potensi Desa Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, saat mengunjungi salah satu pasien home care service, Rudi Tantomo.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Bupati , Yuhronur Efendi, mendorong seluruh kepala desa untuk mengoptimalkan potensi yang ada agar dikelola dan dimanfaatkan demi kesejahteraan masyarakat, karena kemajuan sebuah desa tak lepas dari pemimpinnya. Ia mengungkapkan hal itu saat puncak peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke-XIX.

“Menjadi salah satu dari tiga desa di yang berhasil melakukan lompatan signifikan dari desa berstatus berkembang ke mandiri, keberhasilan Desa Mertani tak lepas dari keberhasilan pemimpin desa yang saling gotong royong dengan masyarakat desa untuk bersama-sama membangun desa,” ujarnya di Balai Desa Mertani, Kecamatan Karanggeneng, Kamis (4/8/2022).

Ia menyebut, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD)  telah menggelontorkan bantuan dana dusun kepada 1.431 dusun dengan total anggaran Rp50,085 miliar. Di mana masing-masing dusun mendapatkan jatah sebesar Rp35 Juta yang dapat digunakan untuk pembangunan desa.

“Ini adalah salah satu intervensi kita merangsang masyarakat untuk terus melakukan inisiatif dalam mengembangkan desanya menjadi desa mandiri. Semoga menjadi pemicu menjadi desa yang produktif, inovatif dan akhirnya menjadi desa mandiri. Seperti yang kita saksikan tadi berbagai kreativitas masyarakat untuk membuat taman desa dan pembangunan pasar burung, saya yakin pasar burung itu akan terus berkembang,” paparnya

Sebelumnya, Yuhronur berkesempatan untuk meresmikan taman bambu runcing Desa Mertani dan melakukan peletakan batu pertama pembangunan pasar burung desa setempat, serta mengunjungi kediaman Rudi Tantomo, salah satu pasien home care service.

Berbagai penghargaan dan bantuan juga turut diserahkan, mulai dari bantuan dana pembangunan pasar burung, penghargaan lomba BBGRM 2022, penghargaan lomba 10 pokok PKK hingga bantuan bendera merah putih kepada masyarakat desa.

Tak hanya itu, bertepatan dengan momen Bulan Imunisasi Anak Nasional, bupati turut mendampingi Ketua TP PKK , Anis Kartika Yuhronur, menjadi vaksinator imunisasi anak nasional. Agenda tersebut juga menghadirkan berbagai layanan kepada masyarakat seperti pelayanan KB, pelayanan perijinan, pelayanan Disdukcapil, hingga Perpus keliling. (qom/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO