​Paguyuban Keris Panji Joyoboyo Adakan Pagelaran Keris dan Bursa Nasional di Kediri

​Paguyuban Keris Panji Joyoboyo  Adakan Pagelaran Keris dan Bursa Nasional di Kediri Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar saat mengamati salah satu keris. (Ist).

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Paguyuban Keris Panji Joyoboyo dan Paguyuban Keris se-Kediri Raya bersama Pemkot Kediri, menggelar Pagelaran Keris dan Bursa yang berskala nasional, mulai tanggal 5 hingga 7 Agustus 2022, di Kediri Town Square (Ketos) Matahari, Kota Kediri. Pameran keris bertajuk "Kediri Raya Nyawiji" dan pameran lukisan bertajuk "Gumegrah".

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, saat sambutan pembukaan menjelaskan, pameran ini sengaja diadakan di pusat perbelanjaan. Harapannya pameran ini juga bisa menjadi sarana edukasi bagi masyarakat.

"Jangan sampai keris yang dimiliki dan terlahir di Indonesia ini diakui oleh negara lain. Mari kita lestarikan budaya yang kita miliki. Keris ini salah satu rahmat hang diberikan oleh Tuhan. Kita bisa ceritakan pamornya ataupun cara membuatnya kepada anak cucu kita," jelas Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat sambutan pembukaan Pagelaran dan Bursa Keris Nasional, Jumat (5/8/2022).

Lebih jauh Wali Kota menjelaskan, keris ini merupakan warisan dari nenek moyang dan sudah diakui UNESCO sejak tahun 2005. Nantinya pelajar di Kota Kediri juga diajak untuk melihat pameran ini. Agar generasi muda di Kota Kediri mengerti akan keris ini. Sebab ada hal yang harus diluruskan bahwa keris ini bukan syirik, namun ini untuk melestarikan budaya.

Simak berita selengkapnya ...