Bank Indonesia Luncurkan 7 Pecahan Uang Rupiah Kertas Baru di HUT Kemerdekaan RI ke-77

Bank Indonesia Luncurkan 7 Pecahan Uang Rupiah Kertas Baru di HUT Kemerdekaan RI ke-77 Dokumentasi peluncuran Uang TE 2022 di Jakarta.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Turut menyemarakkan nuansa (RI) yang ke-77, meluncurkan pecahan .

Kepala Departemen Komunikasi (BI) Erwin Haryono mengatakan bahwa Pemerintah Republik Indonesia (RI) bersama pihaknya menggelar acara peluncuran 7 pecahan ().

Pihaknya menyiarkan dalam rilisnya bahwa pecahan uang TE 2022 tersebut telah diedarkan sejak Rabu (17/8/2022) kemarin, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 77 Kemerdekaan RI.

"Ketujuh pecahan tersebut secara resmi berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bertepatan pada HUT-77 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2022. terdiri atas pecahan uang Rupiah kertas Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000," bebernya, Kamis (18/8/2022).

Erwin menyebutkan bahwa uang TE baru itu memang tetap menggunakan tema tokoh pahlawan nasional dan kebudayaan Indonesia. Yang menjadi berbeda ialah desain warna, unsur pengamanan keaslian, dan kualitas bahan kertas yang digunakan.

" tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016. Terdapat tiga aspek inovasi penguatan yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik," ungkapnya.

Erwin juga menambahkan bahwa peluncuran Uang TE baru pada tahun ini merupakan bentuk inovasi guna peningkatan pada kualitas uang Indonesia.

"Inovasi dimaksudkan agar uang Rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia," imbuhnya.

Simak berita selengkapnya ...