Diskominfo Pamekasan Bagikan 157 Ribu STB untuk Masyarakat Kurang Mampu

Diskominfo Pamekasan Bagikan 157 Ribu STB untuk Masyarakat Kurang Mampu Kepala Diskominfo Pamekasan, Muhammad, saat memaparkan kepada awak media terkait distribusi STB kepada warga kurang mampu di Bumi Gerbang Salam.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bakal mendistribusikan Set Top Box () secara gratis kepada masyarakat kurang mampu di Bumi Gerbang Salam. Kepala Diskominfo , Muhammad, mengatakan bahwa ada 157.000 untuk mereka.

Menurut dia, menjadi salah satu alat alternatif agar dapat menikmati tayangan televisi digital tanpa harus mengganti dengan yang lebih modern. Dengan beralihnya siaran analog ke digital, masyarakat bisa mendapatkan kualitas tayangan televisi yang lebih baik.

"Televisi analog ini terbatas, baik dari segi siaran, kualitas gambar, suara, dan menu-menu lainnya," ujarnya, Kamis (1/9/2022)

Terkait data calon penerima , Muhammad menyebut hal itu berdasarkan data yang dihimpun oleh pemerintah pusat dan bukan dibuat pemerintah daerah.

"Dari awal sudah disampaikan, data itu bukan kami yang buat. Itu langsung dari pusat berdasarkan data Kependudukan, data dari Dinas Sosial, dan KB yang kemudian diramu menjadi data calon penerima ," paparnya.

Ia memaparkan, data yang telah terhimpun juga akan melalui proses verifikasi dan validasi untuk mengatasi penyaluran yang kurang tepat sasaran. Nantinya, Kominfo menggunakan aplikasi yang disalurkan ke seluruh desa dan akan digunakan oleh operator desa.

"Ada yang namanya verval. Bisa jadi ada orang yang sudah masuk ke data, tapi tidak menerima karena ada 5 kriteria. Di antaranya kondisi rumah dan beberapa hal lain. Kalau memang tidak sesuai kriteria, walaupun sudah masuk daftar dianggap tidak layak menerima," ungkapnya.

Muhammad meminta bagi masyarakat mampu sebaiknya bisa membeli secara mandiri. Sedangkan untuk proses pendistribusian , nantinya pemerintah pusat akan membaginya ke beberapa provider.

"Tahap sosialisasi sudah dilakukan di seluruh kecamatan di Kabupaten . Di samping itu, sarana prasarana meliputi jaringan dan SDM juga sudah disiapkan," pungkasnya. (dim/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO