Bupati Lamongan Berangkatkan 287 Regu Gerak Jalan Perjuangan Napak Tilas Batalyon Mayangkara

Bupati Lamongan Berangkatkan 287 Regu Gerak Jalan Perjuangan Napak Tilas Batalyon Mayangkara Bupati Yuhronur saat memberangkatkan Gerak Jalan Napak Tilas Mayangkara.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 287 regu peserta gerak jalan perjuangan atau yang biasa disebut dengan Gerak Jalan Napak Tilas Mayangkara melintas di Jalan Mantup - , Sabtu (3/9/2022). Peserta kegiatan tersebut terdiri dari regu pelajar putra, regu pelajar putri, serta dari kategori umum.

Menjadi agenda wajib tahunan di , merupakan sebuah kegiatan sebagai peringatan dari perjuangan Prajurit Batalyon Mayangkara yang dikomandani oleh saat melawan penjajah pada zaman tahun 1945 hingga 1955.

Mengawali kegiatan dengan upacara pemberangkatan yang dipimpin langsung oleh Bupati Yuhronur Efendi, kegiatan itu dijadikan momentum untuk menanamkan jiwa kejuangan yang sudah ada sejak dulu di . Jiwa patriotisme dan nasionalisme akan memudahkan dalam mencapai kejayaan yang berkeadilan.

"Jiwa nasionalisme yang mantap pasti akan mempermudah kita dalam mencapai kejayaan yang berkeadilan. Karena dengan peringatan Mayangkara tiap tahunnya pasti akan memotivasi kita menerapkan nilai-nilai kejuangan layaknya leluhur kita dahulu," tutur Bupati Yuhronur saat memberangkatkan peserta.

Masing-masing regu yang berjumlah 7 orang itu akan menempuh jarak 19 km untuk mencapai finish yang bertempat di Pendopo Lokatantra, . Karena melintasi jalan raya yang aktif maka Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kandam mengutus untuk menjaga lalu lintas.

"Karena melintasi jalan raya maka jagalah ketertiban untuk lalu lintas dan berhubungan dengan jarak tempuh yang panjang maka seluruh peserta jangan sampai dehidrasi," tuturnya.

Kegiatan yang masuk dalam rangkaian perayaan tersebuti akan diberikan apresiasi berupa doorprize. Doorprize yang disiapkan terbagi menjadi 2 yakni undian untuk seluruh peserta karena setiap peserta diberikan kupon dan hadiah untuk pemenang yang memiliki kriteria kekompakan, ketepatan waktu tempuh, dan kostum menarik yang digunakan. (qom/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO