Cetak Atlet Berprestasi, Petrokimia Gresik Bina Empar Cabor

Cetak Atlet Berprestasi, Petrokimia Gresik Bina Empar Cabor

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Komitmen Petrokimia Gresik memajukan olahraga di tanah air terus digalakkan. Salah satunya, dengan aktif berkontribusi dalam mencetak generasi berprestasi di bidang olahraga. Untuk periode 2021-2022, perusahaan solusi agroindustri anggota Holding Pupuk Indonesia ini telah menyalurkan dana sebesar Rp 10,5 miliar.

"Dana tersebut sebagai wujud kontribusi Petrokimia Gresik memajukan bidang olahraga melalui pembinaan dan sejumlah dukungan penyelenggaraan kompetisi," ucap Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo di momen Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022, Jumat (9/9/2022).

Menurut dia, ada beberapa cabang olahraga (cabor) binaan Petrokimia Gresik saat ini. Antara lain, senam, voli, renang, dan sepak bola.

"Petrokimia Gresik dalam menjalankan bisnisnya tidak hanya berupaya menghasilkan produk-produk berkualitas di sektor agroindustri untuk mendukung tercapainya ketahanan pangan nasional. Namun juga memajukan masyarakat dan komunitas sekitar. Salah satunya pada bidang olahraga," tuturnya.

"Komitmen tersebut terjawab melalui capaian prestasi yang membanggakan dari para atlet binaan Petrokimia Gresik di tingkat regional, nasional, bahkan internasional," imbuh Dwi Satriyo.

Pertama di cabor renang. Petrokimia Gresik telah melakukan pembinaan selama 37 tahun, dengan membentuk wadah Perkumpulan Renang dan Selam Petrokimia Gresik pada tahun 1985.

Saat ini perkumpulan itu berganti nama menjadi (). Atlet renang binaan perusahaan yang berprestasi di antaranya, Nurul Fajar Fitriyati dan Nanda Wahyu Jendro.

Keduanya merupakan perwakilan Provinsi Jawa Timur yang berhasil memenangkan kejuaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021, dengan perolehan medali emas dan perak pada beberapa nomor perorangan.

Pada Sea Games 2022, Nurul juga berhasil mendapatkan satu perak dan satu perunggu untuk nomor 200 meter gaya punggung putri dan 4x100 meter estafet gaya bebas putri.

Selain itu, atlet para swimming Maulana Rifky Yavianda yang merupakan binaan juga berhasil menyabet medali emas pada ASEAN Para Games 2022.

"Nurul dan Maulana Rifky saat ini juga tengah mengikuti pelatnas (pelatihan nasional). Mohon dukungan untuk mereka agar bisa terus berprestasi mengharumkan nama Indonesia pada kejuaraan-kejuaraan dunia berikutnya," beber Dwi Satriyo.

Simak berita selengkapnya ...