11 Negara Asia Tenggara dan Nama Ibu Kotanya

11 Negara Asia Tenggara dan Nama Ibu Kotanya Peta Asia Tenggara. Foto : Wikipedia

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Asia tenggara memiliki luas wilayah 4.511.167 kilometer persegi yang dihuni ras mongoloid dengan ciri berambut hitam dan lurus.

Wilayah ini memiliki 11 , diantaranya adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Myanmar, Laos, kamboja, dan Timor Leste.

Secara geografis, terletak diantara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia, dan dua samudra, yaitu samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Lantas, 11 apa nama ibu kota yang berada di .

1. INDONESIA

Ibu kota indonesia yang dipimpin oleh Presiden adalah Jakarta. Ibu kota berlambang garuda ini berada di provinsi DKI JAKARTA.

2. Malaysia

Negara yang biasa disebut negeri jiran ini memiliki Ibu Kota Kuala Lumpur dengan icon Menara Kembar Petronas. Negara tetangga yang bersebelahan dengan Negara Indonesia ini dipimpin oleh Perdana Menteri.

3. Singapura

Negara ber icon singa ini dengan ibu kota Singapura, dipimpin oleh Perdana menteri yang merdeka pada 9 Agustus 1965.

4. Brunei Darussalam

Negara yang memiliki luas wilayah 5.765 km persegi ini salah satu kaya di Asia. Sejak lama, Burnai mengandalkan hasil bumi minyak dan gas sebagai pemasukan perekonomian. Negara beribu kota Bandar Seri Begawan ini merdeka pada tahun 1984 setelah menjadi protektorat inggris sejak 1888.

5. Thailand

Simak berita selengkapnya ...