Dinilai Semena-mena dan Tidak Transparan Kelola Anggaran, Ribuan Warga Kepung Tuntut Kadesnya Mundur

Dinilai Semena-mena dan Tidak Transparan Kelola Anggaran, Ribuan Warga Kepung Tuntut Kadesnya Mundur Warga Desa Kepung, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri saat menggelar aksi demo menuntut kadesnya mundur. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ribuan warga , , , yang tergabung dalam Aliansi Peduli , melakukan aksi demo menuntut sang kades, Ida Arief, untuk mundur, Senin (19/9/2022).

Sebelum mendatangi Kantor , massa aksi terlebih dulu mendatangi Kantor . Di Kantor , massa yang membawa 3 unit pikap beserta peralatan sound system berorasi sambil membentangkan poster kecaman. Di antaranya bertuliskan, "Mimpin itu berat Bu Kades, Biar Kami Saja yang Menggantikan".

Setelah beberapa saat berorasi di Kantor , massa lalu bergeser ke Kantor . Di kantor desa, mereka juga berorasi yang intinya mengecam yang dinilainya semena-mena.

Korlap aksi, Khoir mengatakan, yang melakukan aksi demo ini berasal dari 11 dusun yang ada di . Menurut Khoiri, warga merasa tidak puas dengan kepala desanya yang dinilai semena-mena dan tidak transparan dalam mengelola anggaran dana pendapatan desa.

"Masyarakat seperti tokoh maupun RT tidak mengetahui lampiran pertanggungjawaban sampai hari ini," kata Khoiri, Senin (19/9/2022).

Maka dari itu, warga meminta kepala desa untuk turun dari jabatannya. Bahkan, massa mengaku sudah memiliki bukti-bukti.

"Jadi hal Itu jelas dan ada buktinya. Kalau nominalnya agak berbeda-beda," ujar Khoiri.

Sementara itu, , Ida Arief, menyatakan bahwa demo yang digelar warga adalah hal wajar di negara demokrasi. Menurutnya, siapa pun punya hak untuk menyampaikan aspirasinya karena sudah diatur oleh undang-undang.

Simak berita selengkapnya ...