Begini Pesan Wali Kota Pasuruan saat Menghadiri Penganugerahan Kampung Hebat 2022

Begini Pesan Wali Kota Pasuruan saat Menghadiri Penganugerahan Kampung Hebat 2022 Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wali Kota , (), menyerahkan penghargaan untuk sejumlah kelurahan dari 4 kecamatan dalam Penganugerahan . Ia berharap, ajang tersebut menjadi panggung untuk menghasilkan prestasi bagi warga Kota yang menghadirkan lingkungan yang sehat.

“Kita ingin lomba ini menjadi ajang, sekaligus menjadi panggung bagi warga yang berkolaborasi di kampung masing-masing untuk menghadirkan prestasi. Menjadikan kampung dengan lingkungan yang sehat,” ujarnya saat membuka Penganugerahan , Selasa (20/9/2022) malam.

Menurut dia, perubahan daerah dipacu seiring adanya pembangunan, salah satunya pengelolaan lingkungan yang bersih, sehat, dan asri. Oleh karena itu, kata , pengelolaan lingkungan harus dimulai dari cakupan kecil.

“Saya dapat laporan, tiap tahun peserta semakin menigkat untuk mengikuti lomba kampung hebat. Yang kami harapkan makin banyak kampung dengan lingkungannya bersih. Ke depannya, perlombaan kampung hebat bisa dikemas secara inovatif supaya kampung lainnya termotivasi untuk mengikuti lomba kampung hebat,” paparnya.

“Pendekatan untuk sementara ini kita mulai dari RW/RW-nya bisa menggerakkan warganya untuk menjadi peserta. Lomba ini kelihatannya biasa-biasa saja tapi yang kita harapkan bukan sekedar lombanya melainkan menghasilkan kampung-kampung yang bersih,” imbuhnya.

Ia menyebut, kampung impian masa depan adalah kampung yang sehat, dengan persediaan air bersih cukup dan pengelolaan sampah yang bagus. juga mengingatkan agar warga Kota untuk terus mempersiapkan diri demi menyambut ajang tingkat provinsi, MTQ ke-30. 

“Kota yang indah itu hadir dari kampung-kampung yang bersih, kampung yang banyak dihiasi dengan tanaman-tanaman hijau yang bisa dimanfaatkan untuk warganya. Tahun depan kita perbanyak kampungnya untuk mengikuti lomba kampung hebat, ini salah satu persiapan kita menuju Kota sebagai tuan rumah MTQ Ke-30 Tingkat Provinsi. Mari kita bareng-bareng siapkan sajian yang kita berikan pada tamu,” pungkasnya.

Adapun pemenang lomba kampung hebat terdiri dari 3 kategori yakni kategori perumahan, permukiman pesisir, dan permukiman berkembang. Berikut daftarnya:

Kategori Perumahan

Juara I Perumahan Lentera Cluster RT 04 RW 07, Kelurahan Kebonagung, Kec.Purworejo

Juara II Perumahan Pesona Candi 6 RT 02 RW 05, Kelurahan Bakalan, Kec. Bugul Kidul

Juara III Perumahan Kraton Indah RT 04 RW 04, Kelurahan Karangketuq, Kec. Gadingrejo

Juara Harapan I Perumahan Pesona Candi 4 RT 02 RW 08, Kelurahan Sekargadung, Kec. Bugul Kidul

Juara Harapan II Perumahan Graha Candi 4 RT 05 RW 08, Kelurahan Bakalan, Kec. Bugul Kidul

Juara Harapan III Perumahan Karya Bhakti RT 03 RW 08, Kelurahan Gentong, Kec. Gadingrejo

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Suami Bu Kades di Pasuruan Diamankan Polisi Karena Curi Motor, Terekam CCTV':