Tingkatkan Profesionalisme Wartawan, PWI Tuban Gelar OKK

Tingkatkan Profesionalisme Wartawan, PWI Tuban Gelar OKK Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban dalam kegiatan Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) di gedung DPRD setempat, Rabu (21/9/2022).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten menggelar Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) di gedung DPRD setempat, Rabu (21/9/2022).

Kegiatan tersebut, dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme seluruh wartawan, baik itu pengurus maupun anggota PWI dalam menjalankan rutinitas peliputan berita sehari-hari.

Ketua PWI , Suwandi dalam sambutannya mengatakan, OKK merupakan sebuah kegiatan yang perlu diikuti setiap anggota PWI, terutama bagi calon anggota. Sementara itu, bagi yang sudah menjadi anggota, OKK menjadi bagian refreshing materi dan pengetahuan tentang kewartawanan dan mekanisme jurnalistik.

"Selain menambah pengetahuan, OKK ini, juga sebagai bagian dari peningkatan Sumber Daya Manusia bagi wartawan agar semakin unggul. Khususnya, kepada semua anggota PWI di Kabupaten ," ujarnya.

Wartawan Harian Bangsa ini menuturkan, OKK ini digelar sesuai dan mengacu pada regulasi dari PWI Pusat. Untuk itu, pentingnya profesi wartawan terbesar dibawah naungan Dewan Pers sejatinya perlu terus ditingkatkan. Hal ini, demi mewujudkan wartawan PWI bisa menjalankan fungsi dan tugasnya secara profesional dan berkompeten di mata publik.

Ia mengharapkan, adanya kegiatan seperti ini dapat menjadikan PWI kian maju serta berdaya saing di dunia kejurnalistikan. Tentu dengan OKK nantinya seluruh SDM yang ada di dalam PWI menjadi kompeten dan menjalan tugas-tugas jurnalistik dengan benar dan tetap menjaga marwah profesi wartawan.

"Wartawan itu memiliki tugas dan fungsi menyampaikan informasi yang benar dan baik kepada masyarakat, tanpa menghilangkan fungsi kontrol sosial dan tetap mengedepankan profesionalisme," ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, diikuti sebanyak 22 wartawan. Bekal yang diperoleh dari OKK, dapat digunakan untuk menunjang kegiatan yang lebih tinggi, yakni Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh Dewan Pers.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':