PDIP Gresik Buka Penjaringan Caleg Pemilu 2024

PDIP Gresik Buka Penjaringan Caleg Pemilu 2024 Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah (tengah), bersama Ketua DPC PDIP Gresik, Mujid Riduan (kiri), dan Siti Muafiyah (bendahara) saat memberi keterangan kepada awak media. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - DPC PDIP Gresik melakukan penjaringan dan penyaringan calon legislatif (caleg) DPRD daerah, provinsi, maupun DPR RI yang akan mengikuti Pemilu 2024. Hal tersebut tertuang di dalam amanat peraturan partai Nomor 25 A tahun 2018.

"Penjaringan dan penyaringan sudah kita buka seminggu. Terakhir tanggal 30 September 2022," kata Ketua DPC PDIP Gresik, Mujid Riduan, saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Senin (26/9/2022).

Ia mengatakan bahwa pendaftaran caleg PDIP dilakukan secara daring, yakni melalui aplikasi dari partai. "Nama aplikasinya Sistem Informasi Pencalonan (SILON)," ucap Wakil Ketua DPRD Gresik ini.

Mujid menyatakan, pendaftaran caleg PDIP secara nasional berlangsung mulai bulan ini. Kemudian pada 30 September 2022 dilakukan panjaringan dan penyaringan akhir.

"Penjaringan dan penyaringan ditutup oleh DPP PDIP pada 1 Oktober 2022. Untuk itu, semua yang sudah terjaring harus sudah didaftarkan ke DPP sebagai caleg PDIP untuk pemilu 2024," paparnya.

Dalam penjaringan caleg untuk DPRD Gresik, ia menargetkan kuota 50 caleg, sesuai jumlah kursi di DPRD Gresik agar bisa terpenuhi. DPC PDIP Gresik menargetkan 10 kursi atau 20 persen dari 50 kursi di DPRD pada pesta demokrasi mendatang.

Selain menginginkan bertambahnya kursi di dewan, pihaknya ingin memberangkatkan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) sendiri saat Pilkada 27 November 2024.

"Kalau PDIP Gresik punya 10 kursi atau 20 persen kan bisa berangkatkan calon sendiri pada pilkada," pungkasnya. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO