Anggota KPU RI ini Sebut Jawa Timur Layak Jadi Barometer Pemilu Nasional

Anggota KPU RI ini Sebut Jawa Timur Layak Jadi Barometer Pemilu Nasional Suasana rapat pimpinan KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota se-Jawa Timur. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anggota RI, August Mellaz, mengatakan bahwa Jawa Timur layak menjadi barometer bagi perkembangan kepemiluan nasional. Menurut dia, Jatim memiliki peran dan posisi strategis dalam .

" dapat dilihat menjadi suatu titik balik dari peradaban kepemiluan Indonesia. Apakah masih berada pada masa transisi demokrasi atau telah mencapai titik tumpu dalam melaksanakan kelembagaan demokrasi?," ujarnya saat menutup rangkaian kegiatan Rapat Pimpinan provinsi dan kabupaten/kota se-Jawa Timur di Surabaya, Rabu (5/10/2022).

“Indonesia sejak 1999 sampai dengan sekarang sudah melaksanakan enam kali Pemilu. hal ini menjadi tantangan apakah kitab bisa mengemas menjadi pengalaman baik yang bisa dibanggakan dipertukarkan di belahan dunia lain,” imbuhnya.

Dalam agenda tersebut, August juga berkesempatan menyampaikan sejumlah isu nasional kepemiluan ke depan. Ia menganggap rapat pimpinan ini menjadi momentum yang penting karena akan ada banyak agenda nasional yang tentu tidak mudah.

Perkembangan terakhir, lanjut August, sebanyak empat Rancangan Peraturan (P) telah disetujui dalam forum Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi II bersama Pemerintah, dalam hal ini adalah Kementerian Dalam Negeri pada 3 Oktober 2022.

Sejumlah rancangan itu yakni soal Pemutakhiran Data Pemilih, Partisipasi Masyarakat, Penataan Daerah Pemilihan (Dapil), serta Syarat Pencalonan Perseorangan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Terkait dengan agenda , saat ini sebanyak empat anggota RI sedang melakukan perjalanan ke Amerika. Safari tersebut dilakukan dalam rangka menindaklanjuti kerjasama dengan Northern Illinois University.

“Ada banyak hal yang dapat mereka sumbangkan, yang menghasilkan kajian kepemiluan dan juga melahirkan banyak intelektual. Semoga ke depan Provinsi dan Kabupaten/Kota dapat mengikuti pertukaran pengalaman di negara lain,” kata August.

Pria kelahiran Surabaya itu berpesan, seluruh penyelenggara berkomitmen untuk lebih menyolidkan kelembagaan ke depan.

tidak mudah, tapi saya kira dengan luar biasanya Jatim yakin bisa melaksanakannya karena sudah dijalankan denga baik dan kalkulasi yang cermat,” pungkasnya.

Dalam rangkaian seremonial penutupan Rapim, Jatim juga menyerahkan beberapa kategori penghargaan kepada kabupaten/kota:

Simak berita selengkapnya ...