Menuju Pasuruan Jadi Smart City, Wawali Paparkan 6 Program Percepatan

Menuju Pasuruan Jadi Smart City, Wawali Paparkan 6 Program Percepatan

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wakil Wali Adi Wibowo () membeberkan rencana besar menuju kota cerdas (Smart City) . Hal itu disampaikan dalam evaluasi Smart City oleh Tim Asesor Kementeian Komunikasi dan Informatika secara virtual dari Gedung Unsur I, kantor Wali , Jumat (08/10/2022) sore.

membeberkan, Pemerintah memiliki 6 program percepatan (quick wins) dalam menuju Smart City. Enam program itu ialah smart governace, smart branding, smart economy, smart living, smart society, dan smart environment.

"Penerapan Smart City ini merupakan upaya Pemerintah dalam memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat . Dalam penerapan Smart City ini, memiliki visi yakni mewujudkan kota yang maju ekonominya, indah kotanya dan harmoni warganya melalui teknologi informasi tepat guna,” ujar pada tim evaluasi.

Lebih jauh membeberkan, mempunyai 4 misi yang dalam visi pengembangan . Empat misi itu, pertama, mempercepat pertumbuhan dan ketahanan ekonomi berbasis potensi lokal untuk membangun lapangan kerja dan pengurangan dan kemiskinan. Kedua, membangun kota yang indah dan nyaman melalui konektivitas infrastruktur ekonomi dan sosial berkelanjutan. Ketiga, memantapkan kehidupan masyarakat multikultural yang harmonis dengan modal sosial yang tangguh serta jaminan akses pendidikan dan kesehatan yang merata. Terakhir, transformasi layanan publik yang mudah dan cepat melalui digitalisasi manajemen dan birokrasi yang adaptif.

"Pemerintah juga memetakan misi dan sasaran RPJM terhadap Smart City. Kami petakan juga dalam misi yang secara detail berkaitan dengan tujuan, sasaran, indikator sasaran yang itu include dengan 6 dimensi Smart City,” jelas

Pemerintah juga melakukan langkah cerdas dengan membabat layanan publik dengan sistem digital, diantaranya: E-New Purut (Pendaftaran online di RSUD dr.Soedarsono), SIAP PAK RT (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Bagi Ketua RT/RW, Implementasi ID Kependudukan, SILIHPAS (Sistem informasi lingkungan hidup di ), PODI (Pasuruan Books of Digital), Pembangunan Early Warning System (EWS) dan Aplikasi “PASTI” (Pasuruan Kota terintgrasi). (par/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Heboh, Bayi Diduga Hasil Hubungan Gelap Ditemukan Warga Kota Pasuruan di Saluran Irigasi Sawah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO