Gubernur Khofifah Unggulkan Nanas Pasir Kelud, Bupati Kediri Siap Kembangkan Kawasan Budi Daya

Gubernur Khofifah Unggulkan Nanas Pasir Kelud, Bupati Kediri Siap Kembangkan Kawasan Budi Daya Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, saat menyaksikan Gubernur Khofifah mengupas Nanas Pasir Kelud. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati , Hanindhito Himawan Pramana, menyambut baik langkah Gubernur yang untuk kesekian kalinya kembali memamerkan Nanas Pasir Kelud (PK-1) kepada setiap tamu yang datang ke Jawa Timur.

Menyambut positif hal tersebut, Bupati mengaku bakal terus mengembangkan PK-1. Sebab, kata , buah yang dikembangkan di Kecamatan Ngancar itu merupakan produk unggulan di Kabupaten  dari beberapa jenis nanas yang ada.

"Kita akan kembangkan mulai dari pembenihan sampai pengembangan Kawasan ini (PK-1)," ujarnya, Sabtu (15/10/2022).

Menurut dia, pengembangan banyak terkendala dalam pembenihan karena jenis nanas ini jarang muncul tunas baru di sekitar batang sebagaimana yang biasa muncul di nanas biasa. Untuk mencukupi kebutuhan, pihaknya kini telah melakukan inovasi dalam pembenihan. 

Inovasi yang dilakukan yakni melalui stek batang, di mana cara ini belum ada di tempat lain dan di Indonesia baru ada di Kabupaten . Selain stek batang, dilakukan pula pengembangan dengan kultur jaringan.

Sekadar diketahui, Gubernur kembali memamerkan PK-1 kepada tamu yang datang ke Jawa Timur. Nanas asal Kabupaten tersebut kali ini dipamerkan saat penutupan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II di Kantor BPSDM Jawa Timur, Jumat (14/10/2022).

Acara itu dihadiri Sekretaris Utama Lembaga Administrasi Negara (LAN) Reni Suzana, kepala daerah penerima penghargaan Lencana Jer Basuki Mawa Beya Emas, termasuk peserta pelatihan dari berbagai daerah di Indonesia.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO