Triwulan III 2022, Nilai Ekspor Kota Kediri Meningkat 230 Persen

Triwulan III 2022,  Nilai Ekspor Kota Kediri Meningkat 230 Persen Kepala Disperdagin Kota Kediri, Tanto Wijohari.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Membaiknya situasi perekonomian pascapandemi berimplikasi positif bagi pertumbuhan produk lokal ke mancanegara. Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri mencatat capaian pada triwulan III 2022 mengalami peningkatan yang signifikan, yakni Rp392 miliar atau melonjak sebanyak 230 persen jika dibandingkan tahun lalu di angka Rp115 miliar.

Kepala Disperdagin Kota Kediri, , mengatakan bahwa komoditas produk hasil pengolahan masih menduduki peringkat tertinggi dalam aktivitas .

"Komoditas tertinggi produk hasil pengolahan peningkatannya sangat signifikan triwulan III tahun lalu sebesar Rp96 miliar, triwulan III tahun ini menjadi Rp376 miliar," ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (23/10/2022).

Adapun beberapa negara yang menjadi tujuan yaitu, Amerika, Jerman, Jepang, Korea, Malaysia, Belanda, Paraguay, Singapura, Vietnam, India, Belgia, Perancis dan Tiongkok.

"Meski demikian, pelaku usaha tetap harus waspada dengan situasi geopolitik dunia yang masih diliputi ketidakpastian, terutama yang diakibatkan konflik antarnegara di kawasan Eropa Timur," kata Tanto.

Saat ini, tercatat dua tir baru dari kalangan industri menengah, yakni PT. Karya Berkah Semesta dengan produk bahan makanan dan UD. Maraton Kencana yang memproduksi perlengkapan rumah tangga.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO