Musywil, Pemuda Muhammadiyah Jatim Ikrar Tolak Radikalisme

Musywil, Pemuda Muhammadiyah Jatim Ikrar Tolak Radikalisme TOLAK – Hairul Warizin (paling kiri) bersama sejumlah panitia Muswil ke-15 Pemuda Muhammadiyah Jawa Timur, di halaman kantor PD Muhammadiyah Sidoarjo, Jumat (8/5). Foto: mustain/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sejumlah pihak terus menabuh genderang perang terhadap terorisme, diantaranya gerakan Islam radikal seperti ISIS. Salah satunya dilakukan oleh Pemuda Muhammadiyah Jawa Timur saat menggelar Musyawarah Wilayah (Musywil) ke-15, yang digelar Sabtu (9/5) hingga Minggu (10/5) nanti.

Selain membahas radikalisme, Musywil yang akan diikuti 1500 hak suara dari utusan Pengurus Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) dan Pengurus Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) ini, juga bakal memilih Ketua Pengurus Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) periode 2015-2019 dengan system e-voting.

Panitia bidang acara Muswil ke-15 Pemuda Muhammadiyah, Hairul Warizin mengatakan, ada beberapa kasus perekrutan kelompok radikal yang mengarah ke para pemuda Muhammadiyah. Hal tersebut yang nantinya akan dibahas karena pemuda Muhammadiyah secara tegas menolak radikalisme. “Kita sudah sepakat untuk membawa Indonesia yang berkemajuan,” katanya didampingi sejumlah panitia lokal, Jumat (8/5).

Dia menegaskan, radikalisme harus dilawan. Kekompakan pemuda Muhammadiyah untuk memerangi radikalisme akan membawa NKRI menjadi lebih kuat. Dalam muswil tersebut pemuda Muhammadiyah ingin membangun organisasi ini menjadi lebih progresif.

“Muswil ini menjadi momen kami melebarkan jaringan dan menegaskan netralitas kami ke partai," ungkap bendahara PDPM Kabupaten Sidoarjo ini.

Rencananya, muswil dibuka dan dihadiri Panglima TNI Jendral Moeldoko, Komisioner KPU Arif Budiman, Sekjen PP Muhammadiyah dan Abdul Mukti MED serta Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Kegiatan tersebut juga akan diadakan apel siaga dan pawai taaruf di Alun-alun Sidoarjo, yang bakal dihadiri sekitar 5000 orang.

Sedangkan untuk agenda pemilihan ketua pemuda Muhammadiyah, panitia telah menetapkan enam calon. Mereka, Ahmad Anis (Ketua PDPM Jember), Khoirul Anam (Wakil Ketua PWPM Jatim/Komisioner KPU Jatim), Dikky Syadqomullah Shi (Ketua PDPM Surabaya), Pradana Boy ZTF HI MA (Dosen Unmuh Malang), Sholikul Huda M Phil.I (Sekretaris PWPM Jatim/Dosen Unmuh Surabaya) dan Wahyudi Ahmadi SH (pengurus PWPM Jatim/pegiat lingkungan hidup). (sta/sho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO