6 Kemenangan Terbesar Sepanjang Sejarah Piala Dunia, Pemenangnya Hungaria

6 Kemenangan Terbesar Sepanjang Sejarah Piala Dunia, Pemenangnya Hungaria Miroslav Klose mencetak hattrick ketika Jerman melumat Arab Saudi 8-0 di Piala Dunia 2002. (foto: twitter FIFA World Cup)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menjelang perhelatan Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar, ada sejumlah ingatan yang bisa kita kenang dari edisi-edisi sebelumnya. Ada pencetak gol terbanyak selama Piala Dunia, ada pula pemain termuda yang ikut meramaikan event empat tahunan ini. Namun pada edisi kali ini kita akan membahas rekor kemenangan terbesar di Piala Dunia.

Tim yang berhak terbang ke Qatar dalam gelaran ini adalah tim terbaik yang dipilih dari setiap benua. Mereka harus berjibaku terlebih dahulu melalui laga kualifikasi yang berat sebelum tampil di putaran final Piala Dunia.

Meskipun menyandang status tim terbaik dari setiap benua yang tampil pada Piala Dunia, tetapi kerap kali ada ketimpangan dalam hal kekuatan sepak bola. Ini bisa terjadi lantaran kemajuan di setiap negara berbeda satu sama lain.

Ketimpangan kekuatan antar pemain dari negara satu dengan negara yang lain menimbulkan kemenangan besar dalam urusan mencetak gol selama sejarah Piala Dunia. Negara-negara yang berasal dari benua yang kuat sepakbolanya seakan akan menjadi momok menakutkan bagi negara-negara dari benua yang kekuatan sepakbolanya lemah.

Berikut ini enam kemenangan terbesar dalam sejarah Piala Dunia.

1. Swedia 8-0 Kuba (Piala Dunia 1938 Prancis)

Piala Dunia 1938 yang diselenggarakan di Prancis belum mengenal babak penyisihan grup dan langsung menggunakan sistem gugur. Yang spesial, kemenangan telak Swedia atas Kuba ini terjadi di babak perempat final dan menjadi kemenangan terbesar di luar babak penyisihan grup.

Sebelumnya Swedia berhasil mengalahkan Austria karena WO atau walk over pada laga 16 besar, sedangkan Kuba mengalahkan Rumania dengan skor 2-1 dalam pertandingan ulang, dimana sebelumnya kedua tim bermain imbang 3-3. Kedua tim akhirnya bertemu di babak perempat final pada tanggal 12 Juni pada tahun itu.

Dua pemain Blågult julukan timnas Swedia, Harry Andersson dan Gustav Wetterstrom, sukses mencetak hattrick ke gawang Kuba. Hal Ini juga terabadikan dalam sejarah Piala Dunia, karena ada dua pemain dari tim yang sama membuat hattrick dalam satu pertandingan.

2. Uruguay 8-0 Bolivia (Piala Dunia 1950 Brasil)

Piala Dunia 1950 yang digelar di Brasil, menjadi satu-satunya edisi yang tidak menyuguhkan partai final. Penentuan juara masih memakai sistem grup di mana empat pemuncak grup penyisihan bertemu lagi dalam satu grup untuk menentukan siapa yang terbaik.

Yang unik pada babak penyisihan grup, pembagian tim di tiap grup tidak merata karena ada yang terdiri 4 tim, 3 tim, bahkan ada yang 2 tim. Beruntung bagi La Celeste julukan Uruguay yang hanya menghadapi Bolivia karena Prancis memilih mundur lantaran jarak perjalanan yang terlalu jauh ke Brasil selaku tuan rumah.

Di babak penyisihan grup ini, Uruguay melumat Bolivia dengan skor telak 8-0 dan membuat mereka melaju ke putaran grup final menghadapi Swedia, Spanyol, dan tuan rumah Brasil. Uruguay akhirnya berhasil meraih kampiun Piala Dunia setelah menang dari Swedia dan tuan rumah Brasil serta imbang kontra La Furia Roja julukan Spanyol.

3. Jerman 8-0 Arab Saudi (Piala Dunia 2002 Korea Selatan - Jepang)

Lihat juga video 'Persiapan ke Piala Dunia, Timnas Disabilitas Sepak Bola Latihan di Pasuruan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO