Humas Taman Nasional Baluran Bantah Ada Wacana Pembangunan Mega Wisata Merak

Humas Taman Nasional Baluran Bantah Ada Wacana Pembangunan Mega Wisata Merak Joko Jomi, Humas Taman Nasional (TN) Baluran.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Humas Taman Nasional (TN) Baluran Joko Jomi menyatakan pembangunan fasilitas jalan di kawasan sudah klir. Sedangkan soal wacana pembangunan mega Wisata Merak, ia memastikan hal itu tidak bisa dilakukan di kawasan .

"Jalan sudah jelas payung hukumnya, sedang wisata besar-besaran itu tidak ada," kata Joko kepada BANGSAONLINE.com melalui saluran telepon, Senin (7/11/2022).

Joko menjelaskan pembangunan di atas tanah sudah diwadahi MoU antar Pemkab Situbondo dengan Kementerian Kehutanan. Yang kemudian ditindaklanjuti kerja sama antara dengan Pemkab Situbondo diwakili dinas PUPR.

"MoU-nya ditandatangani oleh Almarhum Pak Dadang dengan dirjen saat itu. Menjelang setahun berakhirnya masa MoU itu, kemudian ditindaklanjuti kerja sama TN dengan PUPR masa ," jelasnya.

Adapun terkait pembangunan jalan di kawasan , ia mengatakan tujuannya untuk peningkatan sarana wisata. Pembangunan jalan itu sepanjang sekira 10 km dari dari Dusun Merak ke Dusun Sidomulyo, Desa Sumberwaru Kecamatan Banyuputih.

Lokasinya berada di Zona Pemanfaatan dan Zona Rehabilitasi - RPTN Watunumpuk dan RPTN Labuhan Merak Balai .

"Tidak melanggar hukum," ucap Joko.

Ia mengungkapkan sempat ada perbedaan persepsi dalam pembangunan tersebut. Pemkab mengklaim jalan yang sedang dibangun itu milik mereka. "Padahal bukan sama sekali, itu 100 persen milik TN," tegas Joko

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO