Peringati Hari Pahlawan, Bupati Lamongan Ziarah ke TMP Kesuma Negara

Peringati Hari Pahlawan, Bupati Lamongan Ziarah ke TMP Kesuma Negara Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, saat ziarah ke TMP Kesuma Negara.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Bupati , , memimpin ziarah ke dalam rangka memperingati tahun ini, Kamis (10/11/2022). Kegiatan berlangsung khidmat dan dilanjutkan dengan doa bersama, serta tabur bunga di pusara para pahlawan yang telah berjuang meraih kemerdekaan NKRI dari para penjajah.

Menurut bupati, yang diperingati setiap tahun ini menjadi renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup, dan itu sebagai semangat untuk menjejaki gelora juang para pahlawan dalam meraih kemerdekaan.

“Hari ini kita menjejaki pahlawan-pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” ujarnya usai melakukan tabur bunga yang dihadiri Abdul Rouf selaku wakil bupati, jajaran Forkopimda , para kepala OPD serta camat di Kota Soto.

Sebelumnya, juga dilakukan upacara di Alun-Alun yang turut diikuti ribuan personel TNI, Polri, ASN, mahasiswa dan Pelajar. Yuhronur mengajak para generasi muda untuk tetap berjuang menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata, seperti pemanasan global yang memicu berbagai bencana alam, kelangkaan pangan, energi, dan air bersih.

“Kesiapsiagaan kita menghadapi bencana alam termasuk pandemi Covid–19 serta kelangkaan sumber daya, harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan. Kita mempunyai semua modal dasar untuk menjadi bangsa pemenang," tuturnya.

"Mari kita bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad untuk menang. Sekali Merdeka, Tetap Merdeka,” imbuhnya saat menyampaikan sambutan Menteri Sosial, Tri Rismaharini, pada peringatan .

Untuk menghadapi tantangan tersebut, kata Yuhronur, diperlukan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan. Di antaranya melakukan pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, mengelola sumber daya air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan sumber daya air.

Sejumlah hal yang disampaikan bupati diharapkan dapat menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi kini dan generasi mendatang. Dalam momentum peringatan , Yuhronur juga meminta untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain, serta menjadi pahlawan dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar.

“Ayo kita berantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah–belah Bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Kita lawan paham radikal, kita tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah,” pungkasnya. (qom/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO