Antisipasi Varian XBB, Dinkes Kota Kediri Giatkan Vaksinasi Booster

Antisipasi Varian XBB, Dinkes Kota Kediri Giatkan Vaksinasi Booster Petugas dari Dinkes Kota Kediri saat menyuntikkan vaksin booster kepada salah satu warga. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota tengah menggalakkan vaksinasi booster dalam rangka mencegah kemunculan sub varian baru Omicron yakni XBB. Kepala Dinkes Kota , Fauzan Adima, mengatakan bahwa capaian vaksinasi dosis III di wilayahnya saat ini berada pada peringkat ke-6 se-Jawa Timur dan masih perlu ditingkatkan.

“Dulu vaksinasi kita dosis I ada di peringkat 2, dosis II di peringkat 1, sekarang dosis III masih di peringkat 6 dan akan kita tingkatkan capaiannya,” ujarnya, Sabtu (12/11/2022).

Ia mennyebut, data capaian vaksinasi Kota per 9 November 2022 adalah vaksin dosis I sebesar 127,62 persen; vaksinasi dosis II sebesar 116,50 persen; vaksinasi dosis III 47,75 persen; serta vaksinasi dosis IV untuk SDM tenaga kesehatan sebesar 78,33 persen.

“Untuk dosis IV sementara ini untuk Nakes. Sampai saat ini belum ada surat edaran resmi dari pusat apakah sudah boleh dibuka untuk umum. Sementara ini kami masih ngejar dosis III,” tuturnya.

Hingga saat ini, kata Fauzan, program vaksinasi di Kota masih terus berjalan. Pihaknya telah melakukan berbagai upaya jemput bola agar semakin banyak masyarakat yang melakukan vaksinasi, seperti metode door to door, melakukan pendekatan layanan vaksin ke masyarakat, dan berkoordinasi dengan berbagai komunitas.

“Kemarin waktu Rakor Covid, Pak Wali (Walikota Abdullah Abu Bakar) sudah menginstruksikan kepada kelurahan agar gencar melakukan vaksinasi dosis III pada warganya. Nanti Puskesmas yang membantu pelaksanaanya,” paparnya.

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO