17 Pemain Muslim Liga Top Eropa yang Berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar

17 Pemain Muslim Liga Top Eropa yang Berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar Ousmane Dembele merupakan salah satu anggota skuad Prancis yang berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar. (foto: IG equipedefrance)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Piala Dunia 2022 adalah gelaran sepak bola akbar yang berlangsung di Timur Tengah untuk pertama kalinya.

Event empat tahunan edisi kali ini dijadwalkan digelar pada 20 November hingga 18 Desember 2022.

Qatar menjadi penyelenggara kompetisi ini dan merupakan Piala Dunia FIFA pertama yang pernah diadakan di Jazirah Arab yang mayoritas berpenduduk Muslim.

Turnamen sepak bola dunia bergengsi itu akan diikuti sejumlah pemain terbaik, termasuk pula pemain bola Muslim terbaik di dunia.

Berikut ini adalah daftar pemain muslim liga top Eropa yang berlaga di Piala Dunia 2022 yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Youssoufa Moukoko (Jerman - Borussia Dortmund)

Pemain kelahiran 20 November 2004 ini jadi penggawa termuda Timnas Jerman di Piala Dunia 2022 Qatar. Saat ini pemain yang memulai karir bersama tim junior FC St. Pauli sudah terikat kontrak bersama Borussia Dortmund. Pada 8 Desember, Moukoko mencatatkan rekor sebagai pemain termuda dalam sejarah kompetisi Liga Champions UEFA pada usia 16 tahun 18 hari. Kala itu ia melakoni laga bersama Dortmund sebagai pemain pengganti ketika melawan Zenit Saint Petersburg.

2. Hakim Ziyech (Maroko - Chelsea)

Hakim Ziyech merupakan salah satu pemain andalan Singa Atlas di Piala Dunia 2022. Pemain bernomor punggung 7 di tim nasional Maroko tersebut berposisi sebagai penyerang dan kerap beroperasi di sektor sayap kanan. Hakim Ziyech dilahirkan pada 19 Maret 1993 di Dronten, Belanda. Selain menjadi pemain bintang timnas Maroko, Ziyech juga menjadi andalan klub Premier League Chelsea.

3. Youssouf Fofana (Prancis - AS Monaco)

Youssouf Fofana merupakan pesepakbola profesional berkebangsaan Prancis dan lahir dari orang tua asal Mali. Pemain kelahiran 10 Januari 1999 ini bermain untuk tim Ligue 1 AS Monaco. Memakai nomor punggung tiga belas di Timnas Prancis, pemain ini mencatatkan debutnya di tim yang berlogo Ayam Jantan u-19.

4. Yunus Musah (Amerika Serikat - Valencia)

Wonderkid asal Amerika Serikat ini berposisi sebagai gelandang yang bermain untuk klub La Liga Valencia. Pemain kelahiran 29 November 2002 kini memperkuat Timnas Amerika Serikat. Pemain bernama lengkap Yunus Dimoara Musah menjadi pemain non-Spanyol termuda yang mencetak gol untuk Valencia, memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Lee Kang-in saat berusia 18 tahun 219 hari. Ia mencetak gol dalam hasil imbang 2-2 menghadapi Getafe saat berusia 17 tahun dan 338 hari.

5. Ousmane Dembele (Prancis - Barcelona)

Pemain kelahiran 15 Mei 1997 menjadi salah satu punggawa di skuad Prancis di Piala Dunia 2022 Qatar. Nama Ousmane Dembele juga tak lagi asing untuk pecinta sepak bola. Ia adalah salah satu pemain yang turut mengantarkan Prancis menjadi juara gelaran Piala Dunia 2018 lalu. Pemain bernomor punggung sebelas di tim Le Bleus ini berposisi sebagai sayap kanan. Memulai karier senior di Stade Rennes 2, Ousmane Dembele sekarang terikat kontrak dengan tim raksasa Spanyol Barcelona.

6. Eden Hazard (Belgia - Real Madrid)

Siapa yang tak kenal Eden Hazard? Hazard merupakan pemain tim nasional Belgia yang juga cukup terkenal di klub-klub Eropa. Namanya sempat mencuat karena pernah memperkuat beberapa tim besar Eropa dalam karirnya. Pemain yang lahir 7 Januari 1991 sekarang bermain bersama Real Madrid. Hazard pertama kali membela tim nasional senior Belgia pada laga melawan Luksemburg, bulan November 2008 saat masih berusia 17 tahun. Pemain bernomor punggung 10 ini mencetak gol pertamanya untuk Timnas Belgia pada pertandingan menghadapi Kazakhstan, bulan Oktober 2011.

7. Ibrahima Konate (Prancis - Liverpool)

Pemain yang lahir 25 Mei 1999 di Paris ini merupakan salah satu anggota skuad Prancis yang berlaga di Piala Dunia Qatar, Namanya melambung saat memperkuat klub Premier League Liverpool. Pesepakbola Muslim di Piala Dunia 2022 Qatar ini berposisi sebagai bek tengah.

8. Karim Adeyemi (Jerman - Borussia Dortmund)

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO