Disdikbud Sidoarjo Pacu Peningkatan Kualitas dan Mutu Pendidikan Pascapandemi Covid-19

Disdikbud Sidoarjo Pacu Peningkatan Kualitas dan Mutu Pendidikan Pascapandemi Covid-19 Kepala Disdikbud Sidoarjo, Tirto Adi. Foto: ROCHMAT SAIFUL ARIS/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) tengah meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Kota Delta pascapandemi . Kepala Disdikbud , Tirto Adi, mengatakan bahwa sektor pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.

"Disdikbud Kabupaten di pascapandemi terus memacu dan meningkatkan kembali mutu pendidikan dengan cara optimalisasi proses belajar mengajar (PBM) dengan pembelajaran tatap muka atau PTM terbatas," ujarnya saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Rabu (30/11/2022).

Menurut dia, pandemi sangat berdampak luar biasa pada dunia pendidikan. Dampak positifnya, kata Adi, adalah mendorong insan-insan pendidikan untuk lebih kreafif dan inovatif dalam ikut menghadapi situasi.

"Munculah model pembelajaran daring menggunakan teknologi dan informasi. Kalau sebelum , pembelajaran daring hanya digunakan beberapa sekolah. Saat pandemi, pembelajaran daring diterapkan hampir semua sekolah," tuturnya.

"Persoalannya adalah di satu sisi ada kelemahannya, di lain sisi ada kelebihannya. Kelemahannya, pendidikan budi pekerti, akhlak dan pendidikan karakter untuk para pelajar jelas tidak bisa menerima atau mengenyam pendidikan seperti itu dan tidak akan tercapai," imbuhnya.

Ia menjelaskan, pengajaran ta'lim dan ta'dris bisa divirtualkan sedangkan budi pekerti, akhlak, serta karakter tidak bisa, harus tatap langsung. Sementara itu, lanjut Adi, efektivitas pembelajaran daring juga kurang.

"Oleh karena itu, kemendikbudristek telah melakulan survey terhadap beberapa sekolah dasar. Ternyata, ditemukan adanya penurunan kompetensi leterasi yang luar biasa, kalau dibiarkan akan menimbulkan gejala learning lost atau semacam ketiadaan pembelajaran," ungkapnya.

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO