Korea Selatan vs Portugal: Dramatis, Taeguk Warriors Lolos 16 Besar Usai Bekuk Ronaldo dkk

Korea Selatan vs Portugal: Dramatis, Taeguk Warriors Lolos 16 Besar Usai Bekuk Ronaldo dkk Son Heung-min usai mengalahkan Portugal sekaligus lolos 16 besar Piala Dunia 2022. (foto: Twitter FIFA World Cup)

AL RAYYAN, BANGSAONLINE.com - Timnas Korea Selatan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 usai menghempaskan Portugal 2-1 pada laga terakhir Grup H di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar, Jumat (2/12).

Korsel yang membutuhkan tiga poin untuk menjaga peluang lolos ke fase gugur, mencoba membangun serangan lebih dulu di awal pertandingan. Namun usaha yang dilakukan pasukan Paulo Bento masih bisa diredam lini pertahanan Portugal.

Portugal yang menurunkan sebagian besar pemain pelapisnya bermain cukup apik di awal babak pertama. Penyerang Cristiano Ronaldo yang tampak berambisi menambah rekor gol di ajang internasional berhasil membuat lini belakang Korea Selatan kelabakan.

Selecao das Quinas sebenarnya sudah mengamankan tiket lolos ke babak 16 besar. Namun, mereka tak mau bermain setengah hati di laga terakhir. Pada menit ke-5, anak asuh Fernando Santos berhasil leading 1-0 melalui Ricardo Horta. Pemain 28 tahun itu sukses mencatat namanya di papan skor usai memaksimalkan umpan tarik Diogo Dalot di kotak penalti.

Namun, Korsel yang ingin lolos ke babak 16 besar mampu menyamakan skor di menit ke-27. Tembakan jarak dekat Kim Young Gwon di bibir gawang memanfaatkan blunder Cristiano Ronaldo tak bisa diantisipasi Diogo Costa. Skor berubah 1-1 untuk kedua tim.

Dua menit berselang, Ronaldo nyaris menebus kesalahannya jika mampu memaksimalkan peluang di depan gawang. Tapi sayang sepakannya masih bisa diblok kiper Kim Seung-Gyu, selain itu wasit Facundo Tello juga menyatakan pemain bernomor punggung tujuh itu dalam posisi offside.

Portugal lebih banyak menekan pertahanan Korsel di menit-menit akhir babak pertama, namun tak ada gol tambahan yang tercipta hingga menuju ruang ganti.

Selepas istirahat, kedua tim bermain lebih sengit. Baik Portugal maupun Korea Selatan ingin mengubah kedudukan terlebih dahulu.

Menit ke-69, Hwang In Beom nyaris membuat Korsel berbalik unggul jika tembakan kerasnya di kotak penalti gagal dibendung kiper Portugal yang tampil cemerlang.

Simak berita selengkapnya ...