Pemkot Pasuruan Raih Penghargaan dari Kemenpan RB

Pemkot Pasuruan Raih Penghargaan dari Kemenpan RB Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul, bersama wakilnya, Adi Wibowo, saat menunjukkan penghargaan dari Kemenpan RB.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Pemkot meraih penghargaan dari atas keberhasilannya meraih nilai BB dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah () 2022. Capaian ini naik dari tahun sebelumnya yang meraih nilai B.

"Dari B menjadi BB itu kerja keras, nggak gampang itu. Kota berusaha naikin itu. Jadi ini kerja keras bareng-bareng karena indikator (penilaian) banyak dan melibatkan begitu banyak organisasi perangkat daerah (OPD)," kata Wali Kota , Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa , saat menerima penghargaan tersebut di Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Adapun kerja keras yang dimaksud adalah bekerja sesuai rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dan komponen penilaian yang ditentukan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta pengawasan.

"Ya harus memenuhi sejumlah syarat. Nah, setiap OPD harus bekerja berdasarkan RPJMD dan indikator-indikator utama. Jadi di setiap kegiatan itu memang diukur, mulai dari perencanaannya sampai pelaksanaannya, sampai juga monitoring, evaluasinya. Kemudian juga termasuk standar-standar pelaporannya harus terpenuhi," urai .

"Tahun depan, Pemkot menargetkan nilai A. Sekarang kita berjuang dari B menuju A. Tetap kerja keras," imbuhnya.

Penilaian pemerintah daerah dibagi menjadi 7 kategori, yakni paling rendah D dengan rentang nilai 0-30. Kemudian kategori C untuk nilai 30-50, CC untuk nilai 50-60, B untuk nilai 60-70, BB untuk nilai 70-80, dan A untuk nilai 80-90. Adapun kategori tertinggi yaitu AA dengan hasil penilaian 90-100. (ard/par/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO