Maroko, Negara Muslim dan Afrika Pertama yang Lolos ke Semifinal Piala Dunia FIFA

Maroko, Negara Muslim dan Afrika Pertama yang Lolos ke Semifinal Piala Dunia FIFA Timnas Maroko menjadi negara muslim dan Afrika pertama yang lolos pada Semifinal Piala Dunia. (foto: IG equipedemaroc)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Timnas Maroko sukses mencatatkan sejarah sebagai negara Muslim pertama yang mampu lolos ke semifinal Piala Dunia setelah menghempaskan Portugal 1-0 di babak perempat final, Sabtu (11/12/2022).

Youssef En Nesyri menjadi pahlawan negaranya setelah mencetak gol tunggal di menit ke-42 yang memastikan kemenangan Maroko atas Portugal. Laga yang digelar di Stadion Al Thumama, Doha, menjadi saksi lolosnya skuad Walid Regragui ke babak selanjutnya.

Keberhasilan Singa Atlas, julukan Maroko mengalahkan Portugal menjadi sejarah baru di dunia sepak bola, khususnya pada perhelatan Piala Dunia. Achraf Hakimi dan kolega menjadi tim negara Islam dan Afrika pertama yang melenggang ke semifinal Piala Dunia FIFA.

Kemenangan Maroko atas Portugal juga dirayakan negara-negara Afrika dan Arab. Presiden Chad Mahamat Idriss Deby menyatakan negaranya akan siap mendukung Maroko di Piala Dunia 2022.

"Bersejarah dan luar biasa! Kesuksesan Atlas Lions ke semifinal Piala Dunia 2022 adalah milik seluruh Afrika. Dukungan penuh kepada Maroko untuk ke grand final. Juara dunia Afrika, ya itu mungkin, InsyaAllah!" tulis Deby seperti dikutip dari Reuters.

Pemimpin sejumlah negara Islam seperti Raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifa, Perdana Menteri Irak Mohammed Shia al-Sudani, Penguasa Dubai Mohammed bin Rashed, Perdana Menteri Libya Abdulhamid al-Dbeibah, Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh, hingga Putra Mahkota Negara Kerajaan Yordania Hussein juga memberikan selamat kepada timnas Maroko.

"Kami senang ketika orang-orang Arab bergembira, ini adalah kemenangan bersejarah," tulis Mohammad Shtayyeh.

Maroko selanjutnya akan menantang Le Bleus Prancis pada babak semifinal Piala Dunia 2022, Kamis (15/12) dini hari WIB. Juara bertahan tersebut lolos ke empat besar setelah unggul 2-1 atas Inggris.

Sementara La Albiceleste Argentina akan menghadapi Kroasia pada laga semifinal lainnya yang digelar pada Rabu (14/12) dini hari WIB. (git)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO