Bupati Mojokerto Ajak Siswi Konsumsi Tablet Penambah Darah

Bupati Mojokerto Ajak Siswi Konsumsi Tablet Penambah Darah Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, saat berpose dengan ratusan siswi SMKN 1 Pungging usai senam bersama.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Bupati , Ikfina Fahmawati, mengajak seluruh siswi yang ada di wilayahnya untuk meminum tablet tambah darah (TTD). Acara minum TTD di kemarin agar para siswi sebagai calon ibu terhindar dari .

"Kurang darah atau pada ibu hamil dikarenakan ternyata sejak ibu hamil ini, yang masih menjadi calon ibu sudah mengalami kronis," kata bupati usai mengikuti senam bersama, Sabtu (7/1/2023).

Menurut dia, kronis dapat disebabkan dari menstruasi setiap bulan yang dialami oleh wanita. Oleh karena itu, bupati mengimbau kepada seluruh siswi untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, karena itu menjadi salah satu faktor utama dalam memproduksi sel darah merah pada tubuh, yang mana kebutuhan zat besi pada tubuh sebesar 15 mg per hari.

“Jadi makanan apa saja yang mengandung zat besi yaitu bayam, daun ketela, kacang-kacangan, jeroan, tapi lebih tepatnya adalah hati, bisa hati ayam, kambing, sapi, kemudian kuning telur. Karena faktanya 30 persen atau 1/3 remaja putri di Indonesia mengalami kondisi yang namanya atau kekurangan darah,” paparnya.

Selain menyebabkan ibu melahirkan bayi , lanjut Ikfina, juga dapat menyebabkan mudah mengantuk, otak tidak bisa berpikir dengan cepat, dan tidak bisa konsentrasi. Sehingga, ia meminta kepada seluruh siswi untuk selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan minum TTD setiap minggunya. (yep/mar) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO