Kepala Disdikbud Sidoarjo: Pendidikan Tidak Hanya Diteorikan, Harus Dipraktikkan

Kepala Disdikbud Sidoarjo: Pendidikan Tidak Hanya Diteorikan, Harus Dipraktikkan Suasana Deklarasi Sekolah Toleransi di SMPN 1 Gedangan, Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) , Tirto Adi, meminta agar pendidikan tidak hanya diteorikan tetapi harus diimplementasikan serta dipraktikkan. Menurut dia, apapun yang dilakukan para guru dan tenaga pendidik tujuan akhirnya ialah membentuk Profil Pelajar Pancasila.

Ia mengungkapkan hal tersebut saat Deklarasi Sekolah Toleransi SMPN 1 Gedangan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-164 dengan gebyar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Selasa (31/1/2023).

Sebagaimana disampaikan oleh Ketua Komunitas Seni Budaya BrangWetan, Henri Nurcahyo, acara ini merupakan puncak program Cinta Budaya Cinta Tanah Air yang diselenggarakan pihaknya bersama Disdikbud sejak 2020.

Selain SMPN 1 Gedangan, sekolah lain yang sudah melaksanakan deklarasi adalah SMPN 1 Waru, SMPN 1 Taman, Madrasah Aliyah Nurul Huda Sedati, dan segera menyusul SMAN 1 Gedangan tanggal 3 Februari nanti.

Tirto menyebut, ada enam dimensi dalam P-5, yaitu: 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 2) Mandiri; 3) Bergotong-royong; 4) Berkebinekaan global; 5) Bernalar kritis; 6) Kreatif. Sebagaimana pendidikan, P5 tidak untuk diteorikan tapi diimplementasikan.

Mengutip apa yang pernah disampaikan oleh KH Maimoen, kita harus tegak lurus dengan PBNU, yaitu Pencasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945. Menurut Tirto, keinginan menjadi Negara Agama sudah ketinggalan zaman. 

Founding Fathers Republik Indonesia sudah berdialog keras dengan tokoh lintas agama, dan berbagai golongan untuk membentu NKRI. Bahwasanya berbeda itu bukan sesuatu yang membuat pecah belah tapi untuk membangun keharmonisan sebagai sesama bangsa dan se-tanah air. 

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO