Berkah Tuan Rumah 1 Abad NU, Ekonomi Sidoarjo Tumbuh dan Bergerak

Berkah Tuan Rumah 1 Abad NU, Ekonomi Sidoarjo Tumbuh dan Bergerak Zahlul Yussar, Pembina Paguyuban UMKM Sidoarjo.(foto: istimewa)

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Perekonomian di tumbuh dan bergerak selama sepekan menjelang puncak resepsi pada 7 Februari. Semua sektor mendapat dampak ekonomi dari perhelatan harlah 100 tahun NU di .

Zahlul Yussar, Pembina Paguyuban UMKM mengungkapkan mulai hotel, rumah makan, warung kopi, usaha sablon, ojek sepeda motor, hingga jasa parkir mendapat dampak ekonomi. Bahkan banyak rumah warga yang disewa oleh Pemkab maupun pemda lain sebagai tempat penginapan jemaah dari luar kota.

"Ini berkah sebagai tuan rumah . Ekonomi tumbuh dan bergerak, terutama UMKM," kata Zahlul, usai acara talk show Nahdlatut Tujjar Fest di Balai Pelayanan Sosial PMKS Jalanan, , Ahad (5/2/2023) malam.

Pengusaha muda ini menyaksikan langsung bagaimana menggeliatnya ekonomi di menjelang puncak resepsi yang dipusatkan di Gelora Delta . Bahkan ada toko yang sudah lama tutup, kembali buka untuk melayani kebutuhan para jemaah yang datang ke .

Anggota DPRD dari Fraksi Partai Demokrat ini mengatakan, dampak ekonomi tidak hanya dirasakan warga yang ada di kota. Warga di pelosok pun merasakan perputaran uang.

"Pertumbuhan ekonomi ini riil. Pengangguran pun turun, karena banyak lapangan kerja yang tumbuh. Ini tentu patut kita syukuri," ujar Zahlul.

Sementara itu, Koordinator Nahdlatut Tujjar Fest, Addin Jauharudin optimis perputaran uang dalam perhelatan ini bisa mencapai Rp500 miliar sesuai prediksi Gus Yahya, Ketua Umum PBNU. Sebab warga yang datang tentu akan membelanjakan uangnya.

"Itu rumusnya sederhana, kalau acara Nahdlatut Tujjar Fest ini dimulai seminggu sebelum puncak resepsi, kemudian ditambah 1 juta orang yang hadir di hari H. Kalau satu orang saja yang hadir belanja Rp100.000 dikalikan jumlah yang hadir, maka target perputaran uang Rp500 miliar akan terpenuhi," pungkas Addin. (mdr/git)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO