Bupati Blitar dan Gubernur Khofifah Kompak Dukung Pengembangan Potensi Durian di Desa Sumberasri

Bupati Blitar dan Gubernur Khofifah Kompak Dukung Pengembangan Potensi Durian di Desa Sumberasri Gubernur Khofifah saat menghadiri festival durian di Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Bupati , Rini Syarifah, bersama Gubernur menghadiri Festival Durian di Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok, Minggu (12/2/2023). Agenda tersebut berlangsung selama 3 hari (10-12 Februari 2023).

Saat itu, bupati dan gubernur kompak memberi dukungan kepada Pemerintah Desa Sumberasri yang menggelar festival dalam rangka mengenalkan durian lokal ke pasar yang lebih luas. Saat memberi sambutan, memberi nama buah berduri tajam itu.

"Nama desa ini sudah luar biasa, maka jika pak kades minta saya memberi nama durian lokal dari desa ini saya beri nama Durian Sumber Asri," ujarnya.

Ia berharap, Durian Sumber Asri semakin dikenal luas, sehingga belum lengkap ke Kabupaten jika belum mencicipi Durian Sumber Asri.

"Nantinya saya berharap, orang dari luar kota merasa kurang lengkap ke Kabupaten kalau belum menikmati Durian Sumber Asri," tuturnya.

Sementara itu, (sapaan akrab Bupati ) mengatakan bahwa wilayah paling banyak penghasil durian di Kabupaten adalah di wilayah utara, salah satunya di Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok. Hal ini berdasarkan data dari Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertapa) Kabupaten .

"Kami punya program setiap minggu bernama sambang desa untuk meninjau langsung potensi yang ada di desa-desa. Salah satunya adalah potensi Desa Sumberasri ini, yaitu durian yang melimpah," ucapnya.

Pada 2022, ia menjelaskan luas lahan durian di Kabupaten mencapai 133 hektare lebih dengan jumlah pohon mencapai 13.000. Sedangkan dalam setahun, produksi durian di Kabupaten mencapai 143 ribu kuintal.

Di kesempatan yang sama, Kepala Desa Sumberasri, Seni Adi, menyebut festival durian ini digelar dengan melibatkan petani durian lokal. Kegiatan itu diharapkan mampu mengenalkan Durian Sumber Asri ke masyarakat luas.

"Durian lokal sini memiliki rasa yang khas. Yaitu manis namun sedikit pahit," kata Adi. (kmf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO