Siswa SMKN 1 Sukorejo Pasuruan Ciptakan Panel Surya untuk Penerangan Jalan

Siswa SMKN 1 Sukorejo Pasuruan Ciptakan Panel Surya untuk Penerangan Jalan Salah satu siswa SMKN 1 Sukorejo saat melakukan instalasi Panel Surya untuk penerangan jalan di sekitar sekolah.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Siswa SMKN 1 Sukorejo, Kabupaten , berhasil menciptakan Panel Surya atau pengganti listrik.

Mereka membuat panel surya ini, untuk penerangan jalan desa sekitar sekolahannya, lantaran saat malam hari, jalanan di sekitarnya minim penerangan.

Baca Juga: Pemilik Kafe di Ruko Gempol 9 Keluhkan Pungutan Rp80 Ribu per Hari, Minta Pertanggungjawaban

Hal tersebut disampaikan oleh salah satu siswi SMKN 1 Sukorejo, Wadatun Nur Laila.

"Panel Surya yang dibuat oleh kami, ini kekuatan daya peneranganya enam jam " kata Laila kepada BANGSAONLINE.com, Senin (20/02/2023).

Ia menjelaskan, selain untuk penerangan jalan sekitar sekolahannya, ia juga ingin berbagi manfaat tenaga Surya yang ramah lingkungan.

Baca Juga: Khofifah Didoakan Dua Putra Pendiri NU dan Pengasuh PP Sidogiri Jadi Gubernur Dua Periode

"Lumayan lah buat menghemat kebutuhan listrik " tuturnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Sukorejo, Nisful Laily mengatakan, gagasan anak didiknya itu, rencananya akan disebarluaskan di wilayah sekitar.

" agasan anak didik kami terkait panel Surya ini nanti akan ditaruh dipinggir jalan desa dekat sekolah" kata Anis sapaan akrab kepala sekolah.

Baca Juga: Kontroversi Karnaval Budaya Barikade Gusdur Vs FUIB Pasuruan Buahkan Kesepakatan dari Mediasi

Proses pembuatan Panel Surya tersebut, Anis menjabarkan, teknisnya sangat sederhana.

Berawal dari para siswa menyiapkan pipa besi dengan ukuran yang sudah disesuaikan dengan baterai, lampu LED, Panel Surya dan beberapa komponen lainnya. Kemudian, lanjutnya, satu persatu komponen tersebut dirangkai.

Meski begitu, dalam pembuatan panel surya tersebut, para siswa harus teliti dan hati-hati, agar hasil yang dirangkai bagus. Sebab, lampu tenaga matahari ini mampu mengubah energi matahari menjadi energi listrik yang mampu menghidupkan lampu. (afa/sis)

Baca Juga: Siswa MTsN Kota Pasuruan Juara 1 MYRES Nasional, Mas Adi: Anak Muda yang Harumkan Daerah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO