73 Desa di Sidoarjo Terima Penghargaan Desa Mandiri Dari Mendes PDTT

73 Desa di Sidoarjo Terima Penghargaan Desa Mandiri Dari Mendes PDTT Para kepala desa pose bersama usai menerima penghargaan Desa Mandiri, Senin (6/3/2023). Foto: Mustain/BANGSAONLINE.com

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 73 desa di Kabupaten Sidoarjo menerima penghargaan Desa Mandiri dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

tersebut diserahkan di Restoran Heritage of Handayani, di kawasan Perum Kahuripan Nirwana Village (KNV) Sidoarjo, Senin (6/3/2023).

Diketahui, penghargaan Desa Mandiri sesuai pemutakhiran status perkembangan desa pada Indeks Desa Membangun () tahun 2022.

merupakan Indeks Komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks, yaitu Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan.

Staf Khusus (Stafsus) Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Dr Atmari mengatakan, memotret perkembangan kemandirian Desa berdasarkan implementasi Undang-Undang Desa dengan dukungan Dana Desa serta Pendamping Desa.

Ia menambahkan, mengarahkan ketepatan intervensi dalam kebijakan dengan korelasi intervensi pembangunan yang tepat dari pemerintah sesuai dengan partisipasi masyarakat yang berkorelasi dengan karakteristik wilayah Desa yaitu tipologi dan modal sosial.

Untuk itu, pihaknya menyampaikan bahwa perangkat indikator dalam dikembangkan berdasarkan konsepsi bahwa untuk menuju desa maju dan mandiri perlu kerangka kerja pembangunan berkelanjutan.

"Di mana aspek sosial, ekonomi, dan ekologi menjadi kekuatan yang saling mengisi dan menjaga potensi serta kemampuan desa untuk mensejahterakan kehidupan desa," tandas Atmari.

Koordinator Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kabupaten Sidoarjo, Ulul Azmi menjelaskan, jumlah desa berstatus mandiri di Kabupaten Sidoarjo sesuai Indeks Desa Membangun () Tahun 2022 berjumlah 73 Desa yang tersebar di 14 Kecamatan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO