Pemkot Batu Sosialisasikan Perubahan IMB jadi PBG

Pemkot Batu Sosialisasikan Perubahan IMB jadi PBG Kepala DPMPTSP Kota Batu, Dwi Muji Leksono. Foto: ADI WIYONO/BANGSAONLINE

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Batu mulai tahun 2023 ini menghapus pengajuan (). Kini, izin tersebut diubah nama menjadi ().

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Batu Dwi Muji Leksono, pada acara 'Njagong Bareng' bersama kelompok tani dan instansi terkait di Pondok Labu Ngujung Desa Pandarejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Selasa (14/3/2023).

"Perubahan menjadi itu sesuai surat Sekretaris Kabinet RI tanggal 11 Febuari 2022 tentang penyelesaian permasalahan pelayanan penerbitan ," ungkapnya.

Ia mengatakan, merupakan izin dasar untuk mendirikan sebuah bangunan. Sebelum mendapatkan , pemohon harus mengantongi persetujuan kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang (PKKPR) di mana dokumen tersebut harus sesuai dengan rencana kegiatan pemanfaatan ruang dengan rencana tata ruang (RTR).

"Pelaksanaan PKKPR ini merupakan perizinan dasar yang dilaksanakan melalui sistem elektronik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Ini berlaku pada kota dan kabupaten yang memiliki RTRW," ungkap Mujiono,

Selain itu untuk mendapatkan , harus ada persetujuan lingkungan, memiliki UPL, dan memperhatikan lalu lintas (lalin).

"Permohonan ini lebih mudah dibanding , lebih simpel, karena hanya ada standar teknis. Oleh karena itu, penerbitan ini waktunya tidak membutuhkan waktu lama, cukup dua hari," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO