Pemkab Sumenep Anggarkan Rp85,563 M untuk Infrastruktur Jalan

SUMENEP (bangsaonline)- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) , pada tahun anggaran 2014 menyiapkan dana sebesar Rp 85,563 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan.

Dana Rp85,563 miliar itu, merupakan bantuan dari APBN melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp9,836 miliar, APBD Provinsi Jawa Timur Rp10 miliar, dan sisanya sebesar Rp66 miliar dianggarkan di APBD tahun 2014.

Kepala Dinas PU Bina Marga , Edy Rasiyadi, menjelaskan, dana puluhan miliar itu dibagi dalam dua kegiatan, berupa peningkatan dan pelebaran jalan, untuk kecamatan daratan dan kepulauan. “Kegiatan diwilayah daratan difokuskan untuk poros jalan kecamatan dan desa, dengan bentuk jalan hotmix. Sedangkan kepulauan kita lakukan system cor,” kata Edy, Senin (7/4/2014) kemarin.

Ia mengungkapkan, dari dana Rp85,563 miliar, peruntukan kegiatan peningkatan dan pelebaran jalan untuk kepulauan hanya 16,7 persen atau sekitar Rp14,285 miliar dan daratan sebesar Rp71,278 miliar.

“Peruntukan dana infrastruktur jalan ini memang lebih besar wilayah daratan dibandingkan kepulauan. Karena untuk daratan semua kegiatan sudah berupa hotmix, berbeda dengan kepulauan yang masih system cor,” terangnya.

Namun kedepan, Edy mengaku akan berupaya meningkatkan kegiatan dikepulauan supaya dana yang dikucurkan dalam program peningkatan dan pelebaran jalan ini tidak sia-sia. “Kita akan mencoba menjalin kerjasama dengan investor guna melakukan pembukaan usaha atau sebagainya, sehingga kegiatan jalan bisa ditingkatkan pada system hotmix,” ujarnya.

Edy menambahkan, kegiatan infrastruktur ini dimulai sejak akhir Maret kemarin hingga Agustus 2014. “Surat Perintah Kerja (SPK) proyek konstruksi sudah dilakukan tanggal 28 Maret kemarin, dan langsung dilaksanakan. Kemungkinan besar, bulan Agustus nanti, semua pekerjaan sudah selesai,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Pengangkut BBM Terbakar di Pelabuhan Gayam Sapudi Sumenep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO