Jelang Ramadan 2023, DKPP Pamekasan Gelar Pasar Tani Galak Bantu Masyarakat Tekan Harga Sembako

Jelang Ramadan 2023, DKPP Pamekasan Gelar Pasar Tani Galak Bantu Masyarakat Tekan Harga Sembako Asisten II didampingi Kadis DKPP Kurniadi saat membuka Pasar Tani Galak di Desa Sumedangan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1444 H, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten mengadakan yang bertempat di Desa Sumedangan, Kecamatan Pademawu, , Rabu (15/3/2023).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Ajib Abdullah mengatakan, bahwa pasar galak murah ini adalah kegiatan tahunan yang sering dilakukan oleh DKPP dengan mengumpulkan peternak, petani, pelaku usaha pertanian dan peternakan, serta UMKM dalam satu tempat yang sama.

"Pasar galak ini dilaksanakan oleh DPP Galis, Larangan dan Kadur, sebenarnya Galak itu singkatan dari Galis Larangan Kadur," jelasnya.

Ajib juga menerangkan, bahwa pasar galak ini diadakan untuk membantu masyarakat, apalagi melihat hasil pertanian saat ini yang cukup menurun bahkan menurutnya harga jualnya juga terbilang rendah terlebih lagi pada saat puncak panen dan menjelang bulan suci Ramadan.

"DPP membuka pasar ini untuk petani agar bisa berjualan hasil pertanian di stand ini dan Alhamdulilah antusias masyarakat cukup baik karena harganya memang jauh lebih murah dari harga pasar," jelasnya.

Bahkan, ia menegaskan pasar galak ini merupakan pasar pertama yang menjual langsung hasil tani kepada masyarakat, dan untuk menawarkan kepada pedagang-pedagang besar agar tahu bahwa mempunyai produk pertanian seperti ini.

"Di samping menjual atau menawarkan kepada masyarakat kecil, pasar ini juga menawarkan kepada pedagang besar dan investor bahwa hasil pertanian kita seperti ini," paparnya

Lebih lanjut, dirinya menyampaikan dengan perkembangan biasanya di awal menjelang bulan Ramadan harga-harga pertanian melonjak naik, dengan adanya pasar murah ini bisa membantu masyarakat.

"Dengan adanya pasar murah ini untuk menekan agar barang-barang di pasar tidak terlalu mahal dengan membuka pasar galak ini," harapnya.

Dalam acara tersebut, sebagai bentuk dibukanya pasar galak tersebut dilakukan dengan pemotongan pita yang dilakukan oleh Asisten II Nurul Widiastuti yang didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Ajib Abdullah, dan Plt Camat Pademawu Rahmat Kurniadi. (dim/git).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO