Pastikan Stok Bahan Pokok Aman hingga Lebaran, Bupati Situbondo Sidak Pasar Panji dan Ardirejo

Pastikan Stok Bahan Pokok Aman hingga Lebaran, Bupati Situbondo Sidak Pasar Panji dan Ardirejo Bupati Situbondo. Karna Suswandi, saat sidak Pasar Panji.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Bupati , Karna Suswandi, bersama jajaran Forkopimda melakukan inspeksi mendadak atau sidak bahan kebutuhan pokok, Senin (3/4/2023). Agenda tersebut berlangsung di Pasar Panji dan Ardirejo.

Bupati mengatakan bahwa sidak kali ini untuk memastikan stok bako aman hingga lebaran Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah. "Stok seperti beras, gula maupun yang lain tidak mengkhawatirkan. Artinya persediaan pemerintah sangat cukup," ujarnya.

Pimpinan daerah yang akrab disapa Bung Karna ini menyarankan masyarakat agar berbelanja bahan pokok sewajarnya saja, sehingga ketersediaan tetap ada dengan harga yang wajar.

"Kepada masyarakat berbelanja kebutuhan pokok secukupnya saja, jangan memborong kebutuhan bahan pokok, sehingga tidak ada kelangkaan di pasar. Dan juga ini penting agar inflasi daerah tetap bisa kita kendalikan," paparnya.

Dalam sidak kali ini, Bung Karna menemukan harga-harga bako masih stabil, bahkan beberapa turun. Namun harga beras merangkak naik, dari Rp10 ribu per kg menjadi Rp12.500,00. per kg. 

"Alhamdulillah ada beberapa bahan kebutuhan pokok yang mengalami penurunan harga, namun ada juga yang mengalami kenaikan harga seperti beras. Sebelum Ramadan itu beras premium itu harganya Rp10-11 ribu per kg, kini menjadi Rp12-13 ribu per kg," ungkapnya.

Oleh karena itu, Pemkab akan menggelar operasi pasar dalam waktu dekat ini, khususnya beras. "Kita akan menggelar operasi pasar kembali untuk bisa menekan harga kebutuhan pokok. Sehingga daya beli masyarakat semakin meningkat," tegasnya.

Bupati optimis, hingga lebaran Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah harga bako tetap stabil. "Bahkan ada harga kebutuhan pokok seperti cabai rawit kemarin melambung Rp50.000 hingga Rp60.000 per-kilogram, kini turun menjadi Rp35.000 per-kilogram. Jadi kita bersyukur harga kebutuhan pokok tetap stabil," tutupnya

Sementara itu, salah satu pedagang di Pasar Panji, Ahmat Amin mengatakan, secara umum harga bako di pasaran tetap stabil. "harga cenderung stabil, beberapa malah turun, cuman beras yang terus naik, antara 12.100-13.000 sebelumnya 10.000-11.000, tergantung jenisnya "ungkapnya.

Untuk diketahui dari Pantauan lapangan, harga kebutuhan pokok di Pasar Panji sebagai berikut :

1. Minyak goreng curah tetap diharga Rp14.500,00. per kg.

2. Beras Premium Rp12.500,00. per kg, naik dari yang awalnya Rp10 ribu per kg.

3. Gula pasir tetap di harga Rp12.500,00. per kg.

Lihat juga video 'Mobil Pikap Pengangkut Cabe Terguling di Jalur Pantura Situbondo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO