Top BUMD Award 2023, Kota Madiun Raih 3 Penghargaan

Top BUMD Award 2023, Kota Madiun Raih 3 Penghargaan Wali kota Madiun, Maidi, bersama para petinggi PDAM saat menerima penghargaan Top BUMD Award 2023.

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Kota menyabet 3 penghargaan sekaligus dalam Top BUMD Award 2023, yakni kategori Top BUMD Award Bintang 5 untuk Kota , Top Pembina BUMD 2023 kepada Wali Kota , Maidi, serta Top CEO BUMD 2023 kepada Suyoto selaku Dirut

Penghargaan Top BUMD Award Bintang 5 yang diraih merupakan kali ketiga secara berturut. Menurut wali kota, penghargaan yang diraih itu tidaklah mudah karena diberikan kepada BUMD unggulan dari seluruh tanah air. 

Kegiatan tahunan yang diselenggarakan Majalah Top Business itu diikuti 200 BUMD pada tahun ini dengan melalui penilaian dalam beberapa tahap. Mulai dari segi pencapaian kinerja bisnisnya, baik dan bekelanjutan. Selain itu, terus melakukan perbaikan, kontribusi besar dalam pembangunan daerah, dan terakhir memiliki strategi untuk mendukung bisnis di masa pandemi atau kenormalan baru.

Maidi menyebut, terdapat perubahan manajamen dalam perjalanan Perumda di Kota . Yakni, dari orientasi sosial-bisnis menjadi bisnis-sosial. Perubahan itu terbukti memberikan banyak perubahan. Mulai peningkatan pendapatan dan memininalkan kebocoran. Selain itu, juga berdampak pada peningkatan kesejahteraan pegawai.

Perusahaan tidak hanya mengutamakan keuntungan semata. Tetapi juga mengedepankan kegiatan sosial. Yakni, pelayanan kepada masyarakat. Tak heran, jika kemudian muncul banyak program sosial. Seperti program sambungan gratis, bantuan sembako, jaminan sosial tenaga kerja untuk Marbot Masjid, Guru TPA, Penjaga Makam, dan lain sebagainya.

‘’Kinerja PDAM kita cukup bagus ya. Memang kita coba dari manajemen sosial-bisnis ke bisnis-sosial. Ini terbukti pendapatan kita jadi tinggi dan kesejahteraan meningkat,’’ kata Maidi, Kamis (6/4/2023).

Ia juga berharap kepada PDAM Kota untuk tidak cepat berpuas diri. Apalagi, masih ada capaian yang lebih tinggi lagi. Yakni, Top BUMD Awards kategori Platinum. Penghargaan itu untuk BUMD yang berhasil meraih bintang 5 secara berturut. Menurutnya penghargaan merupakan pelecut semangat untuk lebih baik lagi. Namun, bukan urusan bisnis. Tetapi juga urusan sosialnya.

‘’Selalu kita tanamkan kepada karyawan untuk bekerja keras tanpa disuruh, disiplin tanpa diawasi, dan bekerja secara jujur. Harapannya, bisa semakin baik ke depan. Namun, tentu harus diimbangi dengan semangat kerja,’’ pungkasnya.

Hadirnya Top BUMD Award tersebut juga hasil kerja bareng Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) serta beberapa lembaga, asosiasi dan konsultan bisnis. Serta dukungan dari Kementerian Dalam Negeri RI. (adv/dro/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO