Ponpes Al-Falah dan Ponpes Centong di Kediri Salat Id Bareng Muhammadiyah

Ponpes Al-Falah dan Ponpes Centong di Kediri Salat Id Bareng Muhammadiyah Ustadz Muhammad Jauhari Arif, saat memimpin salat id di Lapangan SDN Wonosari, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ponpes Al-Falah dan di Kediri salat id bareng , Jumat (21/4/2023) hari ini. Padahal, Ponpes Al-Falah selama ini dikenal adalah ponpes NU.

Gus Abid Umar Faruq, salah satu anggota keluarga besar Pondok mengatakan pesantrennya memutuskan 1 Syawal 1444 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri 2023 jatuh pada hari ini, Jumat, 21 April 2022.

Hal itu karena Ploso, menggunakan metode hisab imkanur ruqyah atau menggunakan hisab. Akan tetapi melihat hilal harus di atas ufuq, minimal sudah lebih dari 2 derajat.

Meski berbeda dalam melaksanakan solat id, pria yang juga Wasekjen Pimpinan Pusat GP Ansor tersebut mengimbau agar masing-masih pihak saling menghormati. Mengingat, potensi 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh di hari yang berbeda.

"Masyarakat harus saling menghargai, baik yang meyakini Hari Raya Idul Fitri Hari Jumat maupun Sabtu," katanya.

Sekadar informasi, warga merayakan idul fitri hari ini. Termasuk warga di Desa Wonosari, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, mulai pukul 05.30 WIB sudah berbondong-bondong mendatangi tempat sholat id di halaman SDN Wonosari.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO