Festival Rujak Uleg 2023, Gubernur Khofifah Harapkan Beragam Budaya di Jatim Makin Dikenal Dunia

Festival Rujak Uleg 2023, Gubernur Khofifah Harapkan Beragam Budaya di Jatim Makin Dikenal Dunia Gubernur Khofifah saat membuka Festival Rujak Uleg 2023.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur membuka Festival Rujak Uleg 2023 di kawasan Kembang Jepun (Kya-kya) Surabaya, Sabtu (6/5/2023) malam. Event tahunan ini merupakan salah satu rangkaian dari perayaan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS).

Bersama Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi; Ketua TP PKK Surabaya, Rini Indriyani; Staf Ahli Kemenparekraf Bidang Manajemen Krisis, Fajar Hutomo; Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati; dan jajaran Forkopimda Surabaya, serta Konjen dan Konhor Negara Sahabat, membuka Festival Rujak Uleg 2023 dengan penekanan tombol sirine. Kemudian, gubernur turut ambil bagian dengan nguleg rujak di atas cobek raksasa.

Suasana semakin seru ketika usai menguleg rujak, memberikan rujak buatannya kepada masyarakat yang turut hadir dalam agenda tersebut. Tak pelak, rujak dari mantan Menteri Sosial itu menjadi rebutan masyarakat.

Saa memberi sambutan, gubernur mengatakan bahwa rujak uleg bukan hanya sekadar kuliner, melainkan telah menjadi tradisi dan budaya di Surabaya. Karena setiap RT - RW, serta pelosok kampung pasti mudah ditemukan penjual rujak uleg.

"Rujak uleg jadi sumber ekonomi masyarakat Jatim khususnya warga Surabaya. Ada atau tidak ada cingurnya tetap luar biasa," ungkapnya.

Menariknya, dalam gelaran Festival Rujak Uleg tahun 2023 ini, diumumkan pula bahwa event tersebut masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sementara di tahun 2021, Rujak Uleg juga telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda.

Dengan masuknya festival ini dalam KEN 2023, Gubernur berharap, Festival Rujag Uleg semakin dikenal baik di tingkat nasional hingga mancanegara. Sehingga dunia semakin mengenal potensi pariwisata di Jawa Timur. Terlebih, seperti diketahui Jawa Timur merupakan penyumbang terbanyak event yang masuk ke dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2023.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO