Antisipasi El Nino, Ketua LPPNU Jatim Siapkan Teknologi Green house

Antisipasi El Nino, Ketua LPPNU Jatim Siapkan Teknologi Green house Ketua PW LPPNU Jatim, Ghufron Ahmad Yani, saat berada di Green House.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdhatul Ulama (LPPNU) Jawa Timur, Ghufron Ahmad Yani, memiliki cara tersendiri untuk menghadapi .

"Kami punya teknisi baru, yakni teknologi green house untuk mengatasi perubahan cuaca iklim," kata pria yang akrab dipanggil Gus Yani itu kepada BANGSAONLINE.com di Kecamatan Beji, Kabupaten , Rabu (10/5/2023).

Adapun perwujudannya yaitu, sebuah rumah Tanam atap ditutup plastik UV (ultraviolet), dinding pakai screen. Selain adaptif terhadap cuaca, hal tersebut juga memberi perlindungan terhadap OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) atau hama. 

Menurut dia, inovasi dan pengembangan teknologi pertanian itu membuat tanaman hidup dengan kecukupan pangan yang cukup dan lingkungan steril. Seperti di Lamongan, Green House Ahmad Yani Farm.

Ia pun memberi contoh dengan menanam melon di green house yang melibatkan sejumlah plasma petani di Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong, Lamongan. Selain Wisata Akar Langit Trinil yang berada di Dusun Wide, Desa Sendangharjo, juga terkenal sebagai penghasil melon berkualitas, seperti Emerald Gold yang warnanya kuning cerah nan menggoda.

"Dengan pertanian modern ala green house ini tanaman melon atau tanaman yang lain bisa tahan terhadap perubahan cuaca, baik di musim hujan maupun di musim panas yang ekstrem. Inovasi dan penggunaan teknologi pertanian semacam ini sangat penting agar kita bisa menghadapi dan perubahan iklim lain," paparnya.

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO