Deni Prasetya Inisiasi Gerakan Bersih Sungai dan Edukasi Mitigasi Kebencanaan

Deni Prasetya Inisiasi Gerakan Bersih Sungai dan Edukasi Mitigasi Kebencanaan Saduluran Salawase Center (SSC) mengadakan kegiatan bersih sungai dan edukasi mitigasi kebencanaan. Foto: Ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pembina () Deni Prasetya berkolaborasi dengan sejumlah stakeholder menggelar kegiatan bersih sungai dan tebar benih ikan, Sabtu (20/5/2023).

Sejumlah stakeholder yang digandeng dalam gerakan tersebut adalah TNI-Polri, aktivis lingkungan relawan kebencanaan, pelajar, serta masyarakat Jember.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut adalah bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Sebab, sungai sebagai sebagai sumber kehidupan kebersihannya harus dijaga agar kehidupan masyarakat sehat.

"Karena itu kami mulai kegiatan bersih-bersih ini dari sungai," kata kader muda NU Kencong, Jember itu melalui keterangan tertulis, Sabtu (20/5/2023).

Anggota Fraksi NasDem DPRD Jawa Timur ini sengaja mengajak para generasi muda untuk meningkatkan kesadaran dalam melestarikan lingkungan hidup, khususnya pelajar. Harapannya, kepekaan mereka terhadap lingkungan terbangun sejak dini.

"Merekalah penerus estafet bangsa. Kalau generasi muda punya kesadaran lingkungan, maka di masa depan lingkungan hidup tetap terjaga," terang legislator yang berangkat dari daerah pemilihan Jember dan Lumajang ini.

Kader Ansor Jawa Timur tersebut menambahkan bahwa pihaknya juga memberikan wawasan tentang kebencanaan. Antara lain dengan mengajak mereka diskusi ringan terkait mitigasi kebencanaan.

Deni berharap melalui kegiatan ini masyarakat jadi mengerti apa yang harus dilakukan apabila suatu saat terjadi bencana. Bahkan, mereka bisa melakukan antisipasi sebelum terjadinya bencana alam.

"Karena harus disadari, Jawa Timur mempunyai banyak gunung berapi aktif yang sewaktu-waktu bisa erupsi. Dengan pengetahuan mitigasi kebencanaan, kerugian yang lebih fatal bisa dihindari," pungkasnya. (mdr/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO