ARPL Kediri Gelar Grebeg Sampah Kediren dan Upaya Hidupkan Sumber Air

ARPL Kediri Gelar Grebeg Sampah Kediren dan Upaya Hidupkan Sumber Air Tim relawan bersama warga saat melakukan bersih-bersih sampah. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Puluhan relawan peduli lingkungan yang tergabung dalam (ARPL) Kediri menggelar aksi bersih-bersih sampah dan berupaya menghidupkan sumber air di , Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, Minggu (28/5/2023).

Koordinator , Ari Purnomo Adi, menjelaskan giat bersih-bersih sampah dan upaya menghidupkan kembali sumber air Srombong sengaja dilakukan di hari yang sama, mengikuti kedua giat tersebut di satu desa.

"Kegiatan bersih-bersih sampah yang kami lakukan di pinggir jalan raya kemarin menghasilkan 2 truk sampah milik DLH Kabupaten Kediri. Sampah berupa plastik, kain, kaca/beling, pampers, dan yang lain, kemudian dibawa ke TPA Sekoto," kata Ari, Senin (29/5/2023).

Usai membersihkan sampah, relawan lalu menuju sumber air Srombong yang berada di Dusun Sumberjo . Di tempat ini, relawan bersama pemuda setempat membersihkan sampah dan mengangkat lumpur yang berada di dalam sumber.

"Kami juga membawa bebera bibit ficus seperti ficus elastica (karet kebo), ficus benjamina (beringin), dan preh/iprik untuk ditanam di area sumber Srombong," terang Ari.

Beny Prastya, anggota tim ARPL, mengatakan penanaman pohon di area sumber Srombong dengan tanaman ficus bertujuan untuk menghidupkan sumber air.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO