Ciptakan Pelayanan Haji Berkeadilan dan Ramah Lansia, Kemenkumham Jatim Terapkan One Stop Service

Ciptakan Pelayanan Haji Berkeadilan dan Ramah Lansia, Kemenkumham Jatim Terapkan One Stop Service

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Komitmen dalam memberikan dukungan pelayanan terhadap 35.152 Calon Jamaah Haji (CJH) Embarkasi Surabaya terus dilakukan melalui Kantor Imigrasi Surabaya di Juanda. Salah satunya dengan menciptakan yang berkeadilan dan ramah lansia melalui penerapan layanan untuk CJH.

Selain itu, penyiapan sistem border control management dan penyediaan petugas demi memperlancar proses pemeriksaan CJH yang akan dilakukan pada 23 Mei 2023 hingga 22 Juni 2023 mendatang.

Hal tersebut ditegaskan Imam Jauhari selaku Kakanwil Kemenkumham saat kegiatan pelepasan CJH Kelompok Terbang (Kloter) 1 Embarkasi Surabaya bersama Gubernur Khofifah di Asrama Haji Surabaya di Sukolilo pagi ini Rabu (24/5/2023).

Imam menegaskan bahwa terkait SOP Keimigrasian dalam pelayanan CJH tidak ada yang berbeda secara umum. Ia melanjutkan, menurut aturan keimigrasian bahwa setiap orang yang melintas keluar dan masuk Indonesia harus mempunyai dokumen perjalanan sah dan berlaku (dalam hal ini visa dan paspor).

"Namun secara khusus, karena ini merupakan ibadah haji, maka jajaran kami, dalam hal ini Imigrasi Surabaya akan memberikan kemudahan dalam proses pemeriksaan. Yaitu melalui layanan dengan menyiagakan petugas pemeriksa keimigrasian di Asrama Haji Sukolilo untuk pelaksanaan proses clearance paspor," cetus Imam.

Imam mengungkapkan bahwa pihaknya secara khusus menyiapkan 60 petugas yang terbagi dalam 6 Unit. Mereka bekerja di Asrama Haji Surabaya di Sukolilo untuk melakukan proses clearance paspor.

"Sehingga nantinya mulai dari kegiatan pengumpulan paspor, pemeriksaan paspor dan visa, hingga kegiatan pengecapan paspor atau clearance akan dilakukan secara terpusat di Asrama Haji," terang Imam.

Lihat juga video 'Sempat Kabur Bawa Mobil Dinas dan Tabrak Pagar Rudenim, WNA Palestina Diamankan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO