Peringati HLUN 2023, Gubernur Khofifah: Mari Bahagiakan dan Lindungi Lansia di Sekitar Kita

Peringati HLUN 2023, Gubernur Khofifah: Mari Bahagiakan dan Lindungi Lansia di Sekitar Kita Gubernur Khofifah ketika mengenakan masker pada lansia.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur mengajak seluruh masyarakat untuk membahagiakan dan melindungi para lanjut usia (lansia), mulai dari yang ada di lingkungan terdekat, termasuk di dalamnya ajakan melindungi mereka dari penularan penyakit seperti Covid-19 dan juga yang lain.

Ia mengungkapkan hal tersebut dalam momentum peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang diperingati setiap tanggal 29 Mei. Ajakan yang disampaikan sejalan dengan tema peringatan HLUN tahun ini yakni ‘Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat’.

“Yang muda mari menghormati yang tua, yang tua mari menyayangi yang muda. Mari kita bahagiakan dan lindungi lansia di sekitar kita,” ujarnya di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (29/5/2023).

Menurut dia, dengan menjaga dan melindungi para lansia maka kesehatan mereka agar terjaga dan tidak terpapar penyakit menular seperti Covid-19. Sebab mereka merupakan kelompok yang rentan terhadap penularan penyakit penularan termasuk Covid-19.

“Kepedulian masyarakat terhadap lansia meningkat, terutama terhadap lansia di dalam keluarga. Apabila kepedulian meningkat, maka jumlah lansia terawat semakin meningkat,” tuturnya.

Berdasarkan data Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur, capaian vaksin dosis pertama untuk lansia sebanyak 3.458.912 (79,78 persen), dosis kedua untuk lansia sebanyak 2.921.936 (67,39 persen), dosis ketiga untuk lansia sebanyak 1.158.037 (26,71 persen) dan dosis keempat untuk lansia sebanyak 111.881 (2,58 persen).

“Melihat data di atas, bagi yang muda mohon mengajak dan mendampingi yang lansia untuk vaksin hingga booster kedua di tempat layanan kesehatan terdekat,” kata .

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO